Silat, Sport

Hanifan Lebih Lama Salaman dengan Prabowo Ketimbang Jokowi, Kenapa?

Momen Jokowi dan Prabowo berpelukan dengan atlet Pencak Silat di Asian Games 2018. (Foto: Kristian/Humas Kementerian PMK)

Jurnalindonesia.co.id – Atlet pencak silat putra Indonesia, Hanifan Yudani Kusuma, berhasil menyabet medali emas usai mengalahkan atlet pencak silat asal Vietnam, Nguyen Thai Linh.

Pada laga final nomor putra kelas C 55-60 kg yang dilangsungkan di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018) itu, Hanifan berhasil menang dengan skor tipis 3-2 setelah melewati perlawanan sengit Nguyen Thai Linh.

Dengan hasil ini, Hanifan Yudani menjadi atlet pencak silat ke-13 yang menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

Seusai dinyatakan menang, Hanifan langsung berlari ke kursi VIP tempat para tokoh menyaksikan pertandingan. Tampak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketum PB IPSI Prabowo Subianto, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menko PMK Puan Maharani, hingga CdM kontingen Indonesia Syafruddin disalami oleh Hanifan.

Hanifan pun menyalami Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto yang berdiri bersampingan. Namun, tampak Hanifan mencium tangan Prabowo lebih lama ketimbang dengan Jokowi.

Jokowi dan Prabowo

Jokowi dan Prabowo mengucapkan selamat pada peraih emas dalam laga final pencak silat Asian Games 2018, Rabu (29/8/18). (Foto: Biro Pers Setpres)

Ditemui usai pertandingan, Hanifan mengungkapkan alasan dirinya melakukan itu. Dia mengatakan, aksi itu dilakukan secara spontan karena menghormati Prabowo sebagai ketum pencak silat.

“Karena dia ketua saya. Bukan saya tidak menghargai Pak Jokowi, di sisi lain Pak Jokowi juga support untuk atlet, cuma yang lebih kenal dan deket sama kita Pak Prabowo. Karena menghargai ketum juga ada jabat tangan dan peluk,” kata Hanifan di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8), seperti dikutip Kumparan.

Selain itu, Prabowo juga sangat mendukung penuh para atlet pencak silat selama latihan untuk persiapan Asian Games. Malah, beberapa kali Prabowo mengundang atlet pencak silat ke kediamannya untuk makan bersama.

“2 minggu sebelum tanding. Kita diundang ke rumah dia (Prabowo) untuk dikasih support dan makan bareng,” tutur Hanifan.

Setelah Hanifan menyalami dan memeluk Prabowo, dia beralih untuk menyalami Jokowi yang berdiri di samping Prabowo. Namun tiba-tiba, mungkin karena euforia atas kemenangan, Hanifan spontan merangkul kedua tokoh politik itu secara bersamaan.

Jokowi dan Prabowo berpelukan

Momen Jokowi dan Prabowo berpelukan dengan atlet Pencak Silat di Asian Games 2018. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Atas keberhasilan ini, total perolehan medali Indonesia hingga Rabu (29/8/2018) pukul 16.50 WIB menjadi 86, dengan rincian 29 medali emas, 22 medali perak, dan 35 medali perunggu.

Baca juga: Kemesraan Jokowi-Prabowo di Arena Pencak Silat Asian Games 2018, Pelukan hingga Wefie