Ekonomi dan Bisnis

Ingin Pinjam Uang Tapi Takut Riba? Ini Dia Solusinya!

Uang Rupiah yang baru
Uang Rupiah yang baru

Indonesia merupakan satu negara yang mayoritas penduduknya beragam islam, tidak heran jika segala kegiatan selalu disangkutpautkan dengan aturan agama islam. Seperti contohnya pada kegiatan perbankan seperti pinjaman. Semakin kesini banyak sekali masyarakat yang semakin paham akan hukum melakukan pinjaman di bank, apalagi bank-bank konvensional yang sudah tidak asing di Indonesia. Salah satu yang sering menjadi pertimbangan sebelum berhutang saat ini adalah hukuman mengenai adanya riba dalam proses pinjam meminjam tersebut.

Beberapa waktu belakangan ini ketakutan masyarakat akan riba ketika melakukan pinjaman sudah mulai muncul solusi. Ya, banyak sekali jenis pinjaman syariah yang menawarkan sistem kerja yang berbeda. Satu yang sering menjadi patokan, dalam bank konvensional ada sistem bunga yang harus dibayarkan oleh peminjam tetapi untuk bank syariah hal itu tidak dilakukan tetapi lebih kepada bagi hasil. Selain itu masih banyak kelebihan yang didapatkan ketika Anda melakukan pinjaman melalui bank syariah yaitu:

  1. Pinjaman yang diberikan kepada peminjam itu bukan hanya dalam bentuk uang cash atau tunai saja tetapi juga bisa dalam bentuk barang.
  2. Selain bisa melakukan pembayaran dengan cara bagi hasil, bisa juga atas dasar kesepakatan bersama. Jadi antara kedua belah pihak harus melakukan kesepakatan seperti apa yang akan digunakan.
  3. Umumnya peminjam juga diterapkan sistem kewajiban membayar zakat, inilah yang menjadi nilai lebih bukan hanya keuntungan dunia tetapi juga akhirat.
  4. Produk syariah sekarang ini tersebar luas dan bahkan sangat beragam, seperti pada bank Syariah Bukopin yang menyediakan pinjaman dalam sistem syariah.
  5. Keuntungan bukan hanya didapatkan oleh pihak bank tetapi kedua belah pihak merasakan hasil yang sama.

Demikian beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan pinjaman melalui bank yang menerapkan sistem syariah. Jadi pada intinya ketakutan untuk pinjam uang dan hukum riba tidak perlu Anda rasakan lagi. Karena telah banyak bank yang menerapkan sistem syariah, salah satu yang direkomendasikan adalah pinjaman multiguna Syariah Bukopin dengan persyaratan yang mudah. Lalu apalagi yang perlu Anda takutkan ketika akan meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan sekarang?