Sport

[Asian Games 2018] Defia, Lindswell, Tiara, Srikandi Penyumbang 3 Emas Pertama untuk Indonesia

Peraih 3 emas pertama untuk Indonesia pada Asian Games 2018.
Peraih 3 emas pertama untuk Indonesia pada Asian Games 2018.

Jurnalindonesia.co.id – Hingga 20 Agustus 2018, atau 2 hari sejak Asian Games 2018 dibuka, Indonesia sudah berhasil mengantongi 3 medali emas.

Medali emas pertama Asian Games 2018 berhasil disumbangkan melalui cabang olahraga taekwondo oleh Defia Rosmaniar pada Minggu (19/8).

Defia, yang turun di nomor poomsae tunggal putri sukses naik ke podium tertinggi usai mengungguli wakil Iran Sakahshouri Marjan.

Bermain di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (19/8), Defia melangkah dengan perlahan namun pasti. Pada babak penyisihan, Defia berhasil mengalahkan Wong Ka Yiu (Hongkong) dan Chau Tuyet Van (Vietnam) hingga melangkah ke semifinal.

Di babak empat besar, Defia menundukkan wakil Korea Selatan Yun Jihye setelah memperoleh 8.520 poin. Gemuruh penonton di JCC pun meledak saat Defia diumumkan menjadi pemenang setelah meraih 8.690 poin, sementara Marjan hanya meraih 8.470 poin.

“Saya bangga dan senang. Terima kasih kepada Allah SWT, kemudian juga para masyarakat Indonesia atas doa dan dukungannya,” kata Defia sambil terisak-isak.

Defia Rosmaniar

Atlet taekwondo Indonesia, Defia Rosmaniar, meraih medali emas di Asian Games 2018 (Foto: Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mendapatkan emas di Asian Games perdananya, Defia mengaku mempersembahkan medali tersebut untuk kedua orangtuanya.

“Pertama buat ayah, mama, dan pelatih. Semoga ini menjadi motivasi untuk temen-temen atlet lainnya untuk dapat merebut emas,” tutupnya.

Baca: Momen Manis Defia Rosmaniar dan Jokowi Usai Raih Emas Pertama

Emas kedua

Medali emas kedua berhasil disumbangkan untuk Indonesia melalui cabang olahraga wushu oleh atlet Lindswell Kwok pada Senin (20/8/2018).

Pewushu putri andalan Indonesia itu menyabet medali emas dalam nomor Taijijian & Taijiquan. Ia mencatatkan nilai total 19,50 atau unggul dari atlet Hong Kong, Mok Uen Yin, yang mengumpulkan angka 19,42.

Lindswell Kwok

Atlet Indonesia Lindswell Kwok beraksi pada nomor Taijijian Putri Wushu Asian Games 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8/2018). (Foto: Antara/INASGOC/Ismar Patrizki)

Disaksikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Lindswell tampil sangat luwes. Ia mampu memukau juri dengan gerakannya yang nyaris sempurna.

Bersaing dengan 15 atlet lainnya, Lindswell meraih nilai taijijian 9,75 dan nilai taijiquan dengan nilai yang sama.

Bagi Lindswell, medali emas Asian Games ini merupakan yang pertama. Sebelumnya ia hanya meraih medali perak di Asian Games 2014.

Namun untuk kejuaraan dunia, Lindswell punya prestasi yang bagus. Atlet asal Medan ini sudah mengoleksi lima medali emas.

Emas ketiga

Sementara medali emas ketiga dipersembahkan oleh Tiara Andini Prastika dari cabang sepeda gunung nomor downhill putri.

Diperlombakan di Khe Bun Hill Subang, Senin (20/8/2018) siang WIB, Tiara Andini menjadi yang tercepat dengan menorehkan waktu dua menit 33,056 detik.

Tiara Andini Prastika

Tiara Andini Prastika peraih medali emas ketiga buat Indonesia di Asian Games 2018. (Foto: Aji Wisnu Novianto/ANTARA FOTO/INASGOC)

Tiara mengalahkan Atlet Thailand, Vipavee Deekaballes, yang berada di posisi dua dan terpaut 9,598 detik.

Di cabang ini Indonesia meraih dua medali, yakni emas dan perunggu. Untuk perunggu diraih oleh Nining Purwaningsih. Dia mencatatkan waktu 9,608 detik lebih lambat dari Tiara.

Dengan torehan prestasi tersebut, Indonesia untuk sementara ini telah berhasil meraih 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Diketahui, medali perak Asian Games 2018 untuk Indonesia diraih oleh atlet wushu nomor changquan putra, Edgar Xavier Marvelo.

Atlet asal DKI Jakarta itu mendapat nilai 9,72 atau hanya terpaut 0,03 poin dari peraih emas asal China, Sun Peiyuan, pada pertandingan yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Minggu (19/8) pagi.

Baca: Asian Games 2018, Wushu Persembahkan Medali Pertama bagi Indonesia

Loading...