Daerah, NTT

Jhoni Si Pemanjat Tiang Bendera Ungkap Keinginan Terpendamnya ke Jokowi

Yohanes Andigala
Yohanes Andigala bersama keluarga (Foto: Liputan6.com/Ola Keda)

Jurnalindonesia.co.id – Yohanes Andigala, siswa Sekolah menengah pertama yang memanjat tiang bendera saat upacara peringatan HUT ke-73 RI di pos perbatasan Motaain Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengungkapkan harapannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia berharap Presiden Jokowi mau membantunya supaya terus bisa sekolah hingga ke perguruan tinggi. Sebab, ayahnya yang berprofesi sebagai petani saat ini sudah sering sakit-sakitan.

“Saya ingin sekali Pak Presiden Joko Widodo bisa tanggung biaya sekolah sampai kuliah,” kata Yohanes atau yang akrab disapa Jhoni saat ditanya harapannya ke depan, Jumat (17/8).

“Bapak saya kerja kebun dan sering sakit jadi saya bantu cari uang, dengan petik asam untuk dijual, mama saya ibu rumah tangga,” imbuhnya.

Selain itu, Jhoni juga mengungkapkan cita-citanya ingin menjadi tentara.

“Cita-cita saya jadi tentara,” ucap siswa SMPN Silawan itu.

Baca juga: Jhoni Gala Ternyata Sedang Sakit Perut Saat Memanjat Tiang Bendera

Sebelumnya, Jhoni nekat memanjat tiang bendera saat upacara Hari Kemerdekaan digelar di wilayah perbatasan RI-Timor Leste, tepatnya di pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto, Kabupaten Belu, NTT, Jumat (17/8/2018). Hal itu Jhoni lakukan lantaran tali di tiang bendera putus dan simpulnya menyangkut di puncak.

Peristiwa putusnya tali tiang bendera bermula sekitar pukul 09.40 Wita saat petugas pengibar bendera hendak mengibarkan bendera Merah Putih. Setelah mengikat tali bendera ke tali tiang, dan saat akan ditarik bentang bendera, tiba-tiba tali pada bagian sebelah putus.

Insiden itu tidak menyurutkan petugas dan peserta tetap melanjutkan upacara sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga selesai.

Nah, Yohanes beraksi usai lagu Indonesia Raya selesai dikumandangkan. Secara spontan, bocah yang biasa dipanggil Jhoni memanjat tiang bendera hingga ujung dan meraih tali putus kembali ke bawah.

Peserta upacara sempat berteriak meminta Jhoni turun. Kadung hampir sampai di ujung tiang, Jhoni tak menghiraukan seruan itu. Peserta yang menyaksikan aksi Jhoni langsung riuh bertepuk tangan tanda menyemangatinya.

Sementara itu, di bawah tiang bendera petugas pengibar dibantu aparat TNI-Polri tampak memegangi tiang yang oleng ke kiri dan kanan akibat berat bobot tubuh Jhoni. Akhirnya, ujung tali tiang bendera berhasil digapai Jhoni dan ia pun langsung meluncur ke bawah sembari terus disemangati oleh para peserta upacara.

Di bawah, aparat TNI-Polri dan petugas pengibar bendera langsung membantu menerima tali lalu mengikatnya dan mengibarkan kembali benderanya sambil memberikan penghormatan.

Loading...