Politik

Terkait Koalisi, Istana: Jokowi Bakal Copot Menteri Asal PAN dari Kabinet

Jurnalindonesia.co.id – Keputusan Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 berdampak pada komposisi Kabinet Kerja. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan akan mencopot menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang ada di Kabinet Kerja, Asman Abnur.

Istana memastikan, proses reshuffle bukan dipertimbangkan dari kinerja, melainkan koalisi.

“Pak Asman itu kinerjanya sangat, sangat bagus sekali. Sangat-sangat bagus. Dengan background pengusaha, entrepreneur, beliau malah bisa membuat bagaimana sistem kerja birokrasi itu lebih bisa melayani. Karena beliau melihatnya kan dari yang dilayani,” kata Mensesneg Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 14 Agustus 2018.

Baca Juga:  64 persen PNS Hanya Juru Ketik, Bagaimana Negara Mau Maju

“Jadi beliau bisa melakukan reformasi aparatur negara ini lebih bisa melayani. Artinya, Bapak Presiden juga sangat puas dengan kinerjanya Pak Asman Abnur. Sangat, sangat, sangat puas. Bukan hanya puas ya, tapi saya bisa katakan lagi sangat, sangat puas,” imbuh Pratikno.

Baca: Reshuffle Kabinet Jokowi, PDIP: Ini Kabinet Orba

Namun PAN memilih jalan berbeda dengan koalisi pro-pemerintah. PAN, partai tempat Asman bernaung, memilih mendukung Prabowo-Sandiaga.

Baca Juga:  Ini Tanggapan Haedar Nashir Soal Jeweran Amien Rais

“Jadi masalahmya adalah sekali lagi ini koalisi tadi, koalisi partai. Siapa yang di dalam koalisi, siapa yang ada di luar koalisi. Kalau ada pertanyaan kemudian oh apa akan ada reshuffle dalam waktu dekat ya mungkin saja kita tunggu keputusannya. Karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian,” ujar Pratikno.

Selain itu, Pratikno kembali menjelaskan bahwa terlepas dari faktor PAN yang sudah mendukung Prabowo, Jokowi sangat puas dengan kinerja Asman. Menurut dia, secara kinerja, Asman sama sekali tidak bermasalah.

Baca Juga:  Gudang Poster 'Raja Jokowi' Ditemukan, Ini Sosok Pemasang Poster

“Tapi sekali lagi saya ulang, Pak Presiden kalau terkait dengan kinerjanya, ini kan bicara tentang PAN, kalau kinerjanya Menteri PAN di pemerintahan dalam hal ini Pak Asman Abnur beliau sangat-sangat puas, sangat-sangat bagus,” ujarnya.