Daerah, DKI Jakarta

DPRD DKI Sebut Anies Jadi Bahan Lelucon Akibat Buruknya Kinerja Bawahan

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memimpin rapat SKPD pada hari pertama masuk kerja sebagai kepala daerah Ibukota di Gedung Balaikota DKI, Jakarta, 17 Oktober 2017. (Foto:Tempo/Subekti)

Jurnalindonesia.co.id – DPRD DKI Jakarta kinerja jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) DKI buruk.

Akibat buruknya kinerja itulah hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi bahan lelucon.

Anggota Komisi D DPRD DKI Bestari Barus mengatakan, buruknya kinerja Pemprov DKI tercermin dari serapan anggaran yang sangat rendah. Enam dinas yang menjadi mitra kerja Komisi D memiliki rata-rata serapan anggaran hanya 26,36 persen per 31 Juli 2018.

“Jangan malu-maluin Jakarta. Jangan jadi main-mainin itu Gubernur. Saya juga tidak suka gubernur dijadikan bahan lelucon,” kata Bestari dalam Rapat Komisi D di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (7/8).

Pada rapat tersebut disebutkan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman memiliki serapan terendah.

Dinas tersebut menganggarkan Rp3,2 triliun di APBD 2018. Namun mereka hanya mampu menyerap Rp735 miliar atau sekitar 14,32 persen.

Baca: Anies Akan Coret Program 8 Rusun yang Dirancang Ahok Senilai Rp1,3 T

Di posisi kedua, Dinas Sumber Daya Air hanya mampu menyerap 20,40 persen dari anggaran Rp3,27 triliun.

Kemudian ada Dinas Bina Marga yang mengurus sarana dan prasarana di DKI. Dari Rp3,3 triliun yang dianggarkan, dinas ini hanya mampu menyerap Rp791,7 miliar atau 23,52 persen.

Lalu Dinas Cipta Karya, Tata Kota, dan Pertanahan (Citata) DKI hanya menyerap Rp144 miliar atau sekitar 29,87 persen dari Rp482 miliar.

Dinas Lingkungan Hidup hanya mampu menyerap Rp735 miliar. Dengan kata lain 33,24 persen dari Rp2,2 triliun.

Terakhir, Dinas Kehutanan menganggarkan Rp2,95 triliun. Namun hanya Rp1 triliun atau sekitar 36,83 persen yang baru terserap.

Baca juga: Polemik Pencopotan Pejabat DKI, Ketua KASN Bandingkan Anies dengan Ahok

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi D Iman Satria meminta keseriusan sejumlah kepala dinas di masa mendatang.

Politisi Gerindra itu yakin Pemprov DKI bisa melakukannya jika lebih serius seperti saat merampungkan persiapan Asian Games 2018.

“Ternyata bisa Kali Item yang tadi bau dibersihin, selama ini SDA ke mana saja? Kebersihan biasanya sampah di pinggir jalan tidak ada lagi, kok bisa? Apa kita harus bikin Asian Games tiap tahun di Jakarta agar SKPD bekerja keras,” sindir Iman.

CNN INDONESIA