Daerah, DKI Jakarta

‘Beautifikasi’ Mural Dianggap Seadanya, Pemprov DKI Akan Gandeng Seniman ITB

Anies Baswedan
Mural wajah Anies Baswedan yang tampak berbeda dengan sosok aslinya. (Foto: istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima banjir kritikan dari warga dan para seniman terkait mural yang dibuat di dinding di sejumlah wilayah Ibu Kota.

Lukisan yang dimaksudkan untuk mempercantik wajah kota (beautifikasi) dalam rangka Asian Games itu dianggap dibuat seadanya. Yang membuatnya pun bukan orang-orang yang bergelut di bidang itu.

Akhirnya Anies angkat bicara. Pihaknya mengaku siap menggandeng seniman dari ITB.

InsyaAllah kita ingin dan kita ada pembicaraan pada beberapa seniman mural. Yang sudah kemarin seniman mural dari ITB,” kata Anies di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Namun Anies tidak menjelaskan secara rinci bagaimana pelibatan seniman untuk ‘beautifikasi’ kota Jakarta dalam rangka Asian Games. Namun menurutnya, semua pihak boleh berperan dalam menyukseskannya.

“Ada kontribusi membuat mural, membuat kreasi kampung, ada volunteer. Tapi ada juga yang mengurangi kemacetan. Jadi semua punya peran,” ujarnya.

Baca juga: Penuturan PPSU yang Diminta Lukis Mural Asian Games: dari Tak Punya Skill hingga Tanpa Bonus

Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat peresmian Kampung Tematik dalam menyambut Asian Games di Kemayoran, Jakarta, 21 Juli 2018. (Foto: CNNIndonesia/Hesti Rika Pratiwi)

Sebelumnya sejumlah pihak mengkritik pembuatan mural yang terkesan ala kadarnya. Sejumlah seniman jalanan menyayangkan karena tidak diajak berpartisipasi.

“Strategi ‘beautifikasi’ Asian Games di Kota Jakarta oleh Anies-Sandi menurutku sekadar konsep atau teori tanpa melakukan strategi pendekatan yang tepat turun langsung menghampiri,” kata Andi Rharharha, yang aktif berkarya menggunakan lakban.

“Jika beautifikasi bisa diartikan sebagai upaya mempercantik, seharusnya sebagai pemimpin DKI yang juga memiliki banyak ahli pengembangan dan tata perkotaan bisa dengan jelas tahu harus merangkul siapa,” lanjutnya.

Baca juga: Media Asing Soroti Bendera Bambu dan Kali Item, Sandiaga: Kita Tunjukkan Ini Asian Games Terbaik

Loading...