Daerah, DKI Jakarta

Anies Soal Bau Kali Item: Alhamdulillah Jauh Berkurang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di pinggir Kali Item yang ditutup waring. (Foto: IDN Times/Helmi Shemi)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peninjauan mendadak di kawasan Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (30/7/2018) sore.

“Saya ngecek (Kali Item) sekarang ini, impromptu¬†(mendadak) tidak ada yang tahu. Saya jalan, saya ngecek kondisinya seperti apa, hasilnya alhamdulillah,” kata Anies di lokasi.

Anies mengatakan, kondisi Kali Item kini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Menurutnya aroma tak sedap yang menguar dari Kali Item sudah jauh berkurang.

“Aroma yang selama ini dirasakan warga, bukan dua bulan terakhir, bukan delapan bulan terakhir, tetapi bertahun-tahun, alhamdulillah hari ini sudah jauh lebih berkurang,” ujarnya.

Baca: Tidak Ada Kemajuan, Pusat Ambil Alih Pembersihan Kali Item

Anies mengakui, proses pembersihan memang masih belum sempurna. Oleh sebab itulah Pemprov DKI akan menyiapkan teknik-teknik berikutnya untuk mengatasi masalah Kali Item.

“Ada beberapa teknik-teknik yang akan kami pakai, tetapi saya tidak mau bercerita terlalu panjang tentang cara. Nanti kalau sudah ada hasilnya saja,” ujarnya.

Berdasarkan laporan Kompas.com, Anies tiba di Stasiun Pompa Kali Item sekitar pukul 16.40.

Dia didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal, serta sejumlah pegawai Pemprov DKI lainnya.

Setelah 10 menit, Anies dan rombongan langsung menuju ke Wisma Atlet Kemayoran. Begitu tiba di Wisma Atlet Kemayoran, Anies langsung meninjau kain waring yang dipasang menutupi Kali Item.

Tak sampai 15 menit, ia langsung meninggalkan lokasi.

Baca juga: Anies Minta Pusat Tak Ganggu Pembenahan Kali Item

Loading...