Ketua KASN Sofian Effendi
Ketua KASN Sofian Effendi. (Foto: istimewa)

Jurnalindonesia.co.id — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuding Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memiliki motif politik di balik siaran pers terkait hasil penyelidikan mengenai perombakan pejabat di DKI.

Menanggapi tudingan tersebut, Ketua KASN Sofian Effendi pun membantahnya. Sofian menegaskan, KASN adalah lembaga pemerintah yang bebas dari intervensi politik.

“Kami ini justru lembaga yang dibentuk UU untuk mengawasi ASN, yang tidak diintervensi secara politik. Dan syarat kami dipilih adalah bukan anggota parpol, tidak aktif di politik,” kata Sofian kepada Kompas, Senin (30/7/2018).

“Jadi kalau gubernur bilang dia profesional, Pak Sofian yang politik, bukannya terbalik?” lanjutnya.

Terkait alasan KASN mempublikasikan hasil penyelidikan lewat siaran pers, Sofian mengatakan, itu adalah cara agar mendapatkan perhatian dari Pemprov DKI.

“Kalau surat-surat, kami dicuekin,” ujar Sofian.

Baca: Tiga Kali KASN Kirim Surat Teguran ke Anies Tapi Dicuekin

Surat hasil penyelidikan KASN yang terakhir memang sudah dibalas Pemprov DKI. Namun, surat-surat dari KASN ke Pemprov DKI sebelumnya, kata dia, sering kali tidak direspons.

“Jadi kami harus cari strategi lain. Kami kan sudah melalui wawancara, melalui surat, pemanggilan. Kami sudah dapat data dari mereka yang diberhentikan itu. Kalau dicuekin lagi, kami ambil cara yang lebih efektif,” ujar Sofian.

“Kelihatannya melalui press release ini lebih efektif,” tambahnya.

Sebelumnya, Anies mengatakan, KASN bukanlah ormas atau partai politik yang harus menyiarkan hasil penyelidikan secara khusus untuk DKI Jakarta lewat keterangan pers.

“Ketika ada press release dari KASN, saya berpikir kok jadi seperti kegiatan politik ya. Karena justru pertanyaan saya itu, kok jadi Ketua KASN berpolitik? Ini kan membentuk opini, itu kan sebuah proses politik,” kata dia.

Anies pun mengaku tidak akan ikut-ikut berpolitik. Dia tidak akan menyiarkan keterangan pers terkait jawaban atas rekomendasi KASN.

“Cukup Pak Sekda (Sekretaris Daerah DKI Saefullah) itu sih (yang menjawab). Biar KASN berpolitik saja, saya kerja profesional,” ujar Anies.

Baca: Anies Tuding Ketua KASN Berpolitik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *