Daerah, DKI Jakarta

Hilangkan Bau, Pemprov DKI Jakarta Akan Semprotkan Pewangi ke Kali Item

Kali Item
Petugas kebersihan membersihkan sampah di Kali Item yang telah ditutup jaring di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/7/2018). (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jurnalindonesia.co.id – Pemprov DKI Jakarta berencana akan menyemprotkan cairan ke Kali Item. Hal itu dilakukan untuk mengurangi aroma tidak sedap dari sungai yang letaknya di sebelah Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, tersebut.

“Rencananya hari ini dari tim gubernur ada metode, secara teknis tadi sudah disampaikan kepada kami, besok akan ke lapangan kita akan coba metode ini, salah satunya melakukan penyemprotan atau dengan bahan cairan untuk mengurangi bau,” ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan di Balai Kota, Jumat (27/7/2018).

Teguh pun membenarkan bahwa cairan tersebut adalah pewangi. Menurutnya, usulan menyemprotkan pewangi itu ditawarkan tim pakar ke Pemprov DKI Jakarta. Penyemprotan pewangi ini akan difokuskan di segmen sekitar Wisma Atlet.

“Saya enggak tahu teknisnya. Mungkin banyak (cairannya) kali, tetapi kita fokus yang di Jembatan Marto yang panjang, kita pasang jaring tuh, kita fokus di situ dulu, kan 700 meter,” ujar Teguh.

Baca: Tak Kunjung Jernih, Sandi Salahkan Warga Beri Nama Kali Item

Teguh mengatakan, sejak Pemprov DKI fokus menangani bau dan pemandangan di Kali Item, banyak pihak yang menawarkan jasa dan barangnya ke Pemprov DKI.

“Terus terang saja yang datang ke Dinas SDA banyak yang menawarkan produk-produk bisa menjernihkan, mengurangi bau, menghilangkan bau,” kata Teguh.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta dibantu Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk menangani bau Kali Item.

Adapun upaya yang dilakukan Pemprov DKI selama beberapa bulan terakhir antara lain pemasangan pagar tanaman, penerapan teknologi nano bubble dan aerator, hingga pemasangan waring untuk mengurangi baunya.

Baca juga: Waring Kali Item Diberi Lampu, Sandiaga: Biar Tambah Menarik

Loading...