Wisata

Pilih Mana, Taman Laut Bunaken atau Tempat Wisata di Banyuwangi?

Orang Indonesia mana sih yang tidak kenal dengan tempat wisata laut terindah yang bernama Bunaken? Ya, selain tersohor diseluruh pelosok Nusantara, keindahan wisata laut Bunaken juga sudah sampai ke berbagai belahan negara lho. Hal itu pun terbukti, dimana banyak sekali wisatawan asing dari berbagai negara yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Bunaken.

Bunaken itu sendiri merupakan maskotnya destinasi wisata di Manado, Sulawesi Utara, yang memiliki beragam terumbu karang dan biota laut yang hidup dibawah perairan Bunaken. Menurut kabar yang beredar, Bunaken ini adalah taman laut terbesar di dunia. Hal itu dikarenakan letaknya yang persis berada di segitiga emas terumbu karang. Taman laut Bunaken dilengkapi dengan keanekaragaman spesies binatang laut, serta memiliki terumbu karang dengan kontur yang keras, lembut, curam, dan dingin.

Adapun mengenai beberapa spesies hewan laut yang bisa anda jumpai di Taman Laut Bunaken seperti ikan hiu, ikan tuna, ikan kakap, kura-kura, ikan pari, barakuda, angel fish, gurita, ikan kerapu, dan masih banyak lagi. Nah, bagi anda yang ingin melakukan kegiatan snorkelling dan diving, dikawasan Bunaken ini terdapat banyak sekali para penyedia perlengkapan alat selam yang bisa anda sewa dengan harga terjangkau. Harga yang ditawarkannya juga cukup bervariasi, yakni mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 900 ribu.

Dari Sulawesi Utara, kita beralih ke Jawa Timur tepatnya di daerah Banyuwangi yang terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang tak kalah indah dengan Bunaken. Salah satunya adalah Pantai G-Land, atau masyarakat kita menyebutnya dengan nama Pantai Plekung. Pantai yang satu ini memiliki ombak yang cocok untuk kegiatan berselancar. Bahkan, para turis asing menjuluki Pantai Plekung ini dengan nama The Seven Giant Waves Wonder. Ya, hal itu juga dikarenakan gulungan ombaknya yang berbentuk angka 7 dengan ketinggian ombaknya yang mencapai 6 meter. Selain Pantai Plekung, objek wisata berikutnya di Banyuwangi yang recommended banget bagi anda adalah Air Terjun Lider, yang berlokasi di Dusun Sragi, Sumber Arum, Songgon. Ketinggian Air Terjun Lider ini diperkirakan mencapai 60 meter, dan aliran airnya yang berasal dari mata air pegunungan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai keindahan Taman Laut Bunaken vs Tempat Wisata di Banyuwangi. Bagaimana, apakah anda pilih Bunaken atau Banyuwangi?