Daerah, DKI Jakarta

Anggap Kali Item Bukan Persoalan Baru, Anies: Itu Warisan Pemerintah Sebelumnya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di pinggir Kali Item yang ditutup waring. (Foto: IDN Times/Helmi Shemi)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi soal permasalahan Kali Item, Anies Baswedan mengatakan Kali Item dekat Wisma Atlet di Kemayoran sudah berwarna hitam sejak lama dan bukanlah persoalan baru. Menurutnya, itu akibat Kali Item dulu tidak diperhatikan.

Dia menyebut wajah Kali Item yang hitam, kotor, dan bau itu sudah muncul bertahun-tahun. Anies menyebut Kali Item itu sebagai warisan dari pemerintahan sebelum-sebelumnya.

“Jika yang mengelola Jakarta dulu memerhatikan ini, kita enggak punya warisan Kali Item. Ini karena (Kali Item) dulu enggak diperhatikan, jadi kita punya warisan Kali Item,” ujar Anies di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

Baca: Media Asing Soroti Bendera Bambu dan Kali Item, Sandiaga: Kita Tunjukkan Ini Asian Games Terbaik

Anies menuturkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinannya menerima warisan tersebut dan akan memerhatikan kondisi Kali Item.

Pemprov DKI tengah melakukan berbagai cara untuk mengubah wajah kali tersebut.

“Ketika sekarang diperhatikan, ramai pula. Sekarang saya sampaikan kepada semua, coba dulu dibereskan, kita enggak punya warisan masalah ini. Nah, sekarang kenyataannya ada itu, sekarang kita bereskan,” kata dia.

Baca: Media Asing Soroti Bendera Bambu Asian Games dan Waring di Kali Item

Di samping teknik penjernihan, Pemprov DKI baru-baru ini memasang kain waring untuk menutupi Kali Item.

Kain waring, lanjut Anies, digunakan untuk mengurangi penguapan atau evaporasi yang menimbulkan bau dan mengurangi pemandangan tak sedap mengingat perhelatan Asian Games 2018 akan segera berlangsung.

Wisma atlet di dekat Kali Item digunakan sebagai tempat tinggal para atlet yang berlaga dalam Asian Games itu.

“Pada saat pelaksanaan Asian Games, insya Allah nanti akan bisa, minimal aroma dari tempat itu tidak kuat lagi,” ucap Anies.

Sumber: kompas.com

Loading...