Daerah, Jawa Barat, Kriminal

Terungkap! Inneke Terlibat Pembelian Mobil Kalapas Sukamiskin

Inneke Koesherawati
Inneke Koesherawati usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Jurnalindonesia.co.id – Peran Inneke Koesherawati pada kasus dugaan suap yang melibatkan Wahid Husen, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin, Bandung, terungkap. Inneke disebut ikut terlibat dalam pembelian mobil, yang kemudian diberikan ke Wahid sebagai barang suap.

“Kita masih dalami, tapi yang jelas antara lain pemesanan mobil itu, antara lain dia ikut cawe-cawe, masih kita dalami,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo kepada wartawan di Kejagung, Jl Hasanuddin, Jaksel, Senin (23/7/2018).

Kendati demikian, belum ada penjelasan lebih lanjut apakah Inneke tahu mobil yang dipesannya tersebut digunakan untuk menyuap. KPK mengaku akan segera memanggil lagi Inneke.

Baca Juga:  Ratna Sarumpaet: Mudah-mudahan Saya Dikasih Keadilan oleh Allah

“Mungkin segera,” ucapnya.

Baca: KPK: Napi Bayar Rp 200-500 Juta untuk Mendapatkan Fasilitas Mewah di Sukamiskin

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa sebelumnya mengatakan, ikut ditangkapnya Inneke dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut mengindikasikan kalau lapas saat ini sudah bobrok pengelolaannya.

“Kita harus apresiasi KPK, berarti apa yang ditemukan kemarin sangat jelas di mana orang-orang yang seharusnya ada di dalam lapas pada saat peristiwa itu terjadi orangnya nggak ada,” kata Desmond di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/7/2018).

“Ada apa dengan seorang perempuan, istri yang artis itu ada di sana? Ini kan mengindikasikan bahwa lapas tidak beres,” ucapnya.

Baca Juga:  Ratusan E-KTP Tercecer di Jalan, Dirjen Dukcapil: Itu E-KTP Invalid

Diketahui, Inneke ikut diamankan dalam OTT yang dilakukan KPK pada Sabtu (21/7) lalu. Namun kemudian dibebaskan, dan statusnya saksi di kasus dugaan suap terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid. Ada dua mobil yang diterima Wahid, yaitu Mitsubishi Triton dan Pajero Sport.

Inneke sendiri adalah istri dari Fahmi Darmawansyah, narapidana kasus suap satelit Bakamla. Operasi Tangkap Tangan KPK terhadap Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husen, pada Jumat (20/7) kemarin menjadi awalan diamankannya Inneke oleh KPK.

Baca Juga:  Ketua IMM Minta Maaf Terkait Berita Hoaks yang Diduga Disebar Kadernya

OTT KPK itu terkait dugaan suap untuk mendapatkan sel mewah di Lapas Sukamiskin. Suami Inneke menjadi salah satu tersangka. Inneke diperiksa sebagai saksi dan keluar dari gedung KPK dengan mata sembab pada malam Sabtu (21/7) pukul 21.02 WIB.

Baca juga: DPR: Hanya Sensasi, OTT Lapas Sukamiskin Ecek-ecek