Nasional

Habiburokhman: Mudik Tahun Ini Seperti Neraka!

Ketua Bidang Advokasi Partai Gerindra Habiburokhman.
Ketua Bidang Advokasi Partai Gerindra Habiburokhman.

Jurnalindonesia.co.id – Ketua Bidang Advokasi dan Hukum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, mengungkapkan hal berbeda terkait mudik lebaran tahun 2018 ini.

Di saat banyak pihak menilai mudik tahun ini jauh lebih lancar dibanding sebelumnya, Habiburokhman justru menilai mudik tahun ini seperti neraka.

Ketua Dewan Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) itu menyampaikan pengalamannya saat akan mudik ke kampung halamannya di Lampung. Dia melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadinya melalui Pelabuhan Merak pada H-2 Lebaran. Dan dia mengaku terjebak macet sekitar 7 jam di pelabuhan.

“Sangat tidak lancar, saya ini ‘mudikers‘, setiap tahun mudik,” kata Habiburokhman di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/6/2018).

“Mobil saya nyangkut dari habis sahur sampai jam 12.30 siang baru naik kapal gitu loh, itu lancar apanya. Itu namanya ‘neraka’ mudik,” lanjutnya.

Baca: Mudik dari Karawang ke Semarang: Dulu 20 Jam, Sekarang Cuma 4 Jam!

Dari pengalaman tersebut, Habiburokhman menilai propaganda mudik lancar yang digembor-gemborkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tak terbukti. Sebab pada kenyataannya, kat dia, kemacetan parah justru terjadi saat arus mudik tahun ini.

“Kemudian saya baca di berita yang 42 kilometer yang macet di berbagai tol, ya menurut saya nggak ada kemajuan signifikan. Hanya yang nggak macet itu ya naik pesawat. Tapi itu kan bukan tolnya Pak Jokowi,” ucapnya.

Habiburokhman mengatakan, kemacetan menuju Pulau Sumatera antara lain disebabkan oleh batalnya pembangunan Jembatan Selat Sunda. Padahal, menurutnya, dibangunnya jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera itu akan mengurai kemacetan saat arus mudik.

“Jadi Pak Jokowi juga akan dapat simpati dari orang Sumatera,” katanya.

Macetnya lalu lintas di sejumlah lokasi pada arus mudik ini, kata Habiburokhman, akan menambah daftar panjang kekecewaan masyarakat kepada pemerintah. Dengan demikian, katanya, masyarakat tidak lagi percaya terhadap pemerintahan Jokowi.

“Apalagi kalau pendukung Pak Jokowi membuat hoaks bahwa mudik Lebaran ini nggak macet,” pungkasnya.

Baca: Habiburokhman Bilang Mudik Seperti Neraka, Menhub dan Kepala BPTD Justru Ungkap Fakta Sebaliknya