Politik

Videonya Dicatut untuk Kampanye Sudirman-Ida, Cak Lontong Ancam Lapor Polisi

Cak Lontong
Foto: screenshot video Cak Lontong

Jurnalindonesia.co.id – Komedian Lies Hartono alias Cak Lontong mengancam akan memperkarakan Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding.

Hal itu bermula saat Karding mengunggah video di akun Twitter miliknya, @Kadir_Karding, pada Rabu (13/6/2018).

Video tersebut memperlihatkan Cak Lontong yang sedang berbicara mengenai Pilgub.

Denga mengenakan baju koko berwarna putih, komedian asal Magetan, Jawa Timur, itu mengajak warga menjaga keharmonisan dan silaturahmi.

Di akhir pesannya, Cak Lontong mengajak warga untuk memilih nomor dua.

“Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sedulur-sedulurku, kita memasuki bulan yang baik. Meskipun mungkin kita berbeda pilihan tapi kita harus tetap menjaga keharmonisan dan silaturahmi., karena itu semua adalah yang paling utama. Kalau soal milih gubernur, nomor dua. Ingat kerukunan yang utama…,” kata Cak Lontong sebagaimana dikutip dari video.

Usai kata-kata penutup tersebut, terdengar suara lainnya yang mengajak memilih pasangan calon cagub-cawagub Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah.

“Mbangun Jateng, Mukti Bareng, bersama Pak Dirman, dan Bu Ida. Coblos nomor 2,” bunyi suara itu.

Video itu kemudian diunggah Karding dengan menyertakan caption yang dikaitkan dengan Pilgub Jateng.

“Dengarkan apa kata Cak Lontong soal Pilgub jateng #PilgubJateng2018 #SudirmanIda @idafauziyah @sudirmansaid #muktibareng #Membangunjatengmuktibareng” demikain tertulis keterangan dalam dalam unggahan Karding.

Namun, video yang diunggah Karding tersebut ternyata telah diedit hingga disalahgunakan.

Hal itu diketahui dari protes yang disampaikan Cak Lontong di akun Twitter-nya, @C_lontong, terkait postingan itu.

Dalam protesnya, Cak Lontong mengatakan bahwa video tersebut dibuat untuk Pilgub Jatim, namun disalahgunakan untuk Pilgub Jateng.

Cak Lontong pun meminta agar postingan itu dihapus dan Karding meminta maaf. Jika tidak, Cak Lontong mengaku akan menempuh jalur hukum.

“Saya kira @Kadir_Karding dengan sengaja telah mengambil rekaman saya yang sebenarnya untuk Pilgub Jatim tapi disalahgunakan untuk Pilgub jateng. Apabila tidak menarik dan meminta maaf, maka tim hukum kami akan melakukan langkah-langkah hukum yang dianggap perlu,” tulis Cak Lontong.

Berikut video asli Cak Lontong:

Menanggapi protes tersebut, Karding pun langsung menghapus postingan video itu dan meminta maaf.

“Yth sahabatku @cakLontong. Maafkan saya atas kehilafan dan kesalahan telah mengupload iklan tersebut dan tidak mengecek dan meniliti terlebih dahulu kebenaran dan isi iklan tersebut,” tulis Karding di akun Twitter-nya.

Sementara itu, Wasekjen PKB Daniel Johan mengklarifikasi soal itu dengan mengatakan bahwa apa yang dilakukan Karding adalah kekhilafan semata.

Menurut Daniel, Karding terlalu senang mendapat video dukungan dari Cak Lontong ke cagub-cawagub Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah, sehingga tanpa pikir panjang langsung saja mengunggah di akun Twitter-nya.

Karding, kata Daniel, tak mengetahui bahwa video itu sebenarnya untuk Pilgub Jawa Timur.

“Saya juga kaget karena saya saking senangnya juga baru mau meng-upload di FB, tapi keburu tahu berita ini, jadi sekjen meng-upload juga pasti karena saking senangnya mendapat dukungan dari Cak Lontong, dan sekjen nggak paham kalau itu sebenarnya dukungan untuk Gus Ipul di Jatim,” kata Daniel kepada detikcom, Kamis (14/6/2018).

Loading...