Politik

Timses Bantah Edit Video Cak Lontong untuk Kampanye Sudirman-Ida

Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Sudirman Said dan Ida Fauziah di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Selasa (9/1/2018). (Foto: Warta Kota/Henry Lopulalan)

Jurnalindonesia.co.id – Tim sukses cagub-cawagub Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah, menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengedit video komedian Cak Lontong. Mereka juga mengaku tak tahu menahu dari mana video editan tersebut berasal.

“Dari tim Dirman-Ida nggak pernah melakukan cara-cara yang seperti itu. Di internal kita nggak pernah pakai cara-cara seperti itu. Kita cara yang elegan dan tidak melanggar aturan,” kata juru bicara tim pemenangan Sudirman-Ida, Sriyanto Saputro, kepada detikcom, Kamis (14/6/2018).

Sriyanto mengaku telah meminta kepada para koalisi parpol pendukung untuk hati-hati dengan menyaring segala bentuk dukungan sebelum disampaikan ke publik. Menurutnya, jika ingin tahu siapa yang pertama kali menyebarkan video itu, bisa dicek dari jejak digital.

“Pendukung tidak perlu kita meng-upload itu kalau ilegal. Sumbernya dari mana kita belum tahu. Kalau ada pihak yang keberatan, bisa dicek dari jejak digital. Tidak ada program dari Dirman-Ida menggunakan cara-cara ilegal seperti itu,” ujarnya.

Baca Juga:  Sudirman Said: Pendidikan Jauh Lebih Penting Dibanding Infrastruktur

Sriyanto pun menegaskan jika polemik soal video itu adalah urusan internal antara Sekjen PKB Abdul Kadir Karding dengan Cak Lontong.

Sebelumnya, akun Twitter Sekjen PKB Abdul Kadir Karding mengunggah video yang menampilkan sosok Cak Lontong. Video tersebut sebenarnya dibuat untuk mendukung pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno pada Pilgub Jawa Timur.

Namun video itu kemudian diedit di bagian akhir hingga seolah-olah Cak Lontong sedang mengkampanyekan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Hingga akhirnya Cak Lontong memprotes keras Karding yang telah menggunggah video editan tersebut.

Foto: screenshot cuitan Karding yang melampirkan video Cak Lontong hasil editan

Menanggapi cuitan tersebut, Cak Lontong menyampaikan protesnya:

Baca Juga:  Teman Ahok: Kisruh Sumber Waras Muncul karena Sumber yang Pertama Kali Tidak Waras

“Saya kira @Kadir_Karding dengan sengaja telah mengambil rekaman saya yg sebenarnya utk pilgub Jatim tapi disalahgunakan untuk pilgub jateng. Apabila tdk menarik dan meminta maaf, makantim hukum kami akan melakukan langkah2 hukum yg dianggap perlu,” tulis @C_lontong.

Baca: Videonya Dicatut untuk Kampanye Sudirman-Ida, Cak Lontong Ancam Lapor Polisi

Mengetahui kesalahan tersebut, Karding langsung menghapus postingannya dan meminta maaf kepada Cak Lontong. Dia mengaku mendapat video itu dari orang lain dan tak mengecek detail soal kebenaran video tersebut.

Berikut video asli Cak Lontong: