Politik

Spanduk Khilafah Berlogo PKS Terpampang di JPO Serpong, Ini Kata Polisi

Spanduk bertema Khilafah
Spanduk bertema Khilafah dengan logo PKS ditemukan di JPO Serpong Utara, Kamis 7 Juni 2018. (Foto: Warta Kota/Zaki Ari Setiawan)

Jurnalindonesia.co.id – Setelah Bekasi, spanduk bertuliskan ‘Mempersatukan Umat Dengam Sistem Khilafah Islamiyah’ disertai logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terpampang di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel), pada Kamis (7/6/2018).

PKS pun membantah pihaknya yang memasang spanduk tersebut. Ketua Fraksi PKS DPRD Tangsel, Siti Chodijah mengatakan, spanduk tersebut merupakan bagian dari black campaign mendekati Pilkada.

Sebelum di Tangsel, spanduk serupa juga ditemukan di daerah di Bekasi, Jawa Barat, pada 31 Mei 2018 lalu.

“Sebelumnya beredar di daerah yang ada Pilkada, Alhamdulillah kepanduan segera sigap menanggulangi Black Campaign,” ujar Chodijah, Kamis (7/6/2018).

Namun Chodijah mengaku heran dengan adanya spanduk di Tangsel, Padahal di daerah ini tidak sedang dalam masa Pilkada.

“Untuk di daerah Pilkada bisa sedikit dipahami, tapi di Serpong Utara, Tangsel, tidak sedang pilkada. Agak kaget juga,” tutur Chodijah.

Pihak PKS pun kini tengah menyelidikianya. “biar bisa kita ketahui, siapa dan apa motifnya,” katanya.

Chodijah pun menegaskan jika partainya tidak terkait sama sekali dengan konsepsi khilafah. “Untuk lebih jelas, terkait PKS kita punya buku flatform PKS. Tidak ada terkait Khilafah, silahkan di cek,” ujar dia.

Spanduk itu pun kini sudah dicopot oleh warga sekitar karena dianggap tidak sepaham dengan ideologi Pancasila.

“Warga tidak setuju karena bertolak belakang dengan ideologi pancasila yang dianut oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kapolsek Serpong, Dedy Kurniawan.

Ada tiga spanduk bertuliskan seruan tentang khilafah, dua spanduk ada di wilayah Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Terpampang pada Kamis, 7 Juni 2018.

Adanya spanduk tersebut berasal dari informasi masyarakat yang tidak setuju dengan seruan khilafah.

“Ada dua tempat pengibaran spanduk di jembatan penyebrangan orang depan Perumahan Less Belles dan JPO depan SDN 01 Pondok Jagung,” kata Dedy.

Dari dua titik itu, pihaknya mendapati tiga spanduk yang memiliki tulisan dan pesan berbeda. “Ada yang mengatasnamakan partai ada juga yang mengatasnamakan perkumpulan,” ujar Dedy .

Dari spanduk yang berada di depan perumahan Les Belles tertulis pesan ‘Mempersatukan Umat dengam Sistem Khilafah Islamiyah’ lengkap dengan logo PKS.

Sementara untuk spanduk yang berada di JPO depan SDN 01 Pondok Jagung, bertuliskan, ‘Bersama Menuju Indahnya Khilafah Islamiyah’ yang mengatasnamakan Persaudaraan Alumni 212.

“Saat ini, spanduk-spanduk itu kami serahkan ke Kanit Krimsus Polres Tangsel,” kata Dedy.

Deddy mengatakan saksi yang telah diperiksa di lokasi pemasangan spanduk mengaku tak ada yang mengetahui waktu pemasangan spanduk tersebut.

“Tak ada warga yang mengetahui, diperkirakan pemasangan pada dini hari. Tadi laporan kami terima pukul 10.00 WIB,” ucapnya.

Loading...