Politik

Foto di IG Hilang, DPR Turun Tangan dan Rizieq Akan Lapor ke Pengadilan Internasional

Prabowo Amien Rais
Amien Rais bersama putranya, Hanafi Rais, didampingi ketua umum PA 212 Slamet Maarif, bertemu dengan rombongan ketua umum Gerindra Prabowo Subiyanto di pelataran Kabah, Sabtu (2/6/2018). (Foto: Dok. PA 212)

Jurnalindonesia.co.id – Komisi I DPR akan menggelar rapat soal hilangnya beberapa foto pertemuan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan pimpinan FPI Rizieq Shihab dari Instagram (IG) Amien Rais Official.

Rapat akan digelar setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk IG akan kami rapatkan setelah lebaran,” kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari kepada detikcom, Selasa (5/6/2018).

Meski demikian, politikus PKS itu tidak menjelaskan pihak mana yang akan dipanggil Komisi I, apakah pihak Instagram atau Kominfo.

Baca: Foto Rizieq Lenyap dari IG, Putri Amien Rais: Dipesan oleh yang Berkuasa

Sebelumnya, kuasa hukum Rizieq Shihab, Kapitra Ampera mengatakan, pihaknya berencana mengadu ke Pengadilan Internasional terkait hilangnya foto-foto tersebut.

Baca Juga:  Kudeta Turki: Militer Rebut Kekuasan, Erdogan Janji Akan Rebut Kembali

“Saya diperintahkan Habib Rizieq supaya pengacara kita, BHF, TPM, TPUA, dan GNPF harus menggugat ke Pengadilan Luar Negeri,” kata Kapitra kepada detikcom, Senin (4/6/2018).

Dalam screenshot yang ditunjukkan Kapitra, terlihat percakapan antara dirinya dengan Rizieq. Dalam pesan itu, Rizieq meminta seluruh akun yang di-suspend agar dikumpulkan sebagai bahan laporan.

Berikut kutipan percakapan tersebut:

Ini momentum kita. Kumpulkan semua akun disuspend dengan peringatan postingan Anda tak sesuai dengan standar kami terhadap sejumlah ‘foto biasa HRS’, karena kita akan gerakkan tim hukum untuk memprosesnya hingga ke Pengadilan Luar Negeri.

Ajak BHF, TPM, TPUA, dan GNPF

Baca: Foto Amien Rais-Rizieq Dihapus IG, PA 212: Rezim dan Cebong Panik!

Baca Juga:  Prabowo: Kalau Kita Kalah, Indonesia Akan Punah!

Foto yang hilang tersebut sebelumnya ada di akun Instagram @amienraisofficial. Sebelumnya, Sejak Senin (4/6/2018), foto itu tidak ada lagi.

Admin Ig @amienraisofficial mengungkapkan kekecewaannya atas hilangnya foto-foto tersebut. Admin menyebut hal itu menjadi bukti kebebasan berekspresi yang dicederai.

“IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu. Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salahsatu agenda reformasi kembali diciderai; mengembalikan kita pada era yang represif (order baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (order lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia,” demikian keterangan di akun @amienraisofficial.

Baca Juga:  Bantah Prabowo Soal LRT, Ngabalin: Justru Ada Penghematan Rp13 Triliun

Sementara itu, pihak Instagram telah mengklarifikasi soal hilangnya foto pertemuan Amien Rais, Prabowo dan Rizieq Shihab saat umrah tersebut. Pihak IG mengaku hal itu terjadi bukan karena disengaja.

“Lagi dicek kenapa di-take down. Kemungkinan ini berdasarkan laporan pengguna,” kata perwakilan Instagram kepada detikcom, Senin (4/6/2018).

Baca: Foto di Instagram Hilang pun Istana yang Dituding