Nasional

Ratna Sarumpaet: Garuda Indonesia Bangkrut Mau Salahkan Siapa Kalau Bukan Jokowi?

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet . (Foto: istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Ratna Sarumpaet menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa lepas tangan atas masalah yang kini membelit maskapai Garuda Indonesia.

Diketahui, sebanyak 1.300 pilot dan lima ribu kru maskapai Garuda Indonesia mengancam akan melakukan aksi mogok.

Aksi mogok kerja ini diprakarsai oleh Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) dan Asosiasi Pilot Garuda (APG).

Presiden APG, Captain Bintang Hardiono, mengungkapkan ada sejumlah masalah teknis di maskapai milik BUMN tersebut. Di antaranya soal latar belakang Dewan Direksi.

Menurut Bintang, sebagian besar Dewan Direksi tidak memiliki latar belakang bidang penerbangan. Mereka, kata Bintang, berasal dari dunia perbankan.

Baca juga: Pilot Garuda Indonesia yang Tulis Status soal Bom Surabaya Dinonaktifkan

Bintang pun memberi contoh salah satu kebijakan bermasalah yang dikeluarkan pihak Garuda Indonesia, yakni meniadakan mobil jemputan untuk kru kabin. Kebijkan ini menuai kontra dari pihak karyawan dan pilot.

Baca Juga:  Rekening Ratna untuk Biaya Oplas Sama dengan Rekening Sumbangan Korban Danau Toba

Atas kebijakan tersebut, muncul beberapa kasus kecelakaan yang menimpa para kru maskapai.

“Pilot, kan, mikirnya safety, karena bisa pulang pukul 02.00 atau 04.00 pagi. Alasan perusahaan, di luar negeri bisa kok naik angkutan umum. Kok disamain sama luar negeri, kan di sana kereta bus tepat waktu, di sini gimana tepat waktu?” kata Bintang.

Selain soal teknis, gaji dan pergeseran jam kerja juga menjadi persoalan.

Melalui akun Twitter-nya, Ratna Sarumpaet menanggapi persoalan tersebut. Ratna menuding pemerintah terkait munculnya semua permasalahan ini.

“Semua hancur di tangan rezim Jokowi-JK,” tulis Ratna di akun Twitter-nya, @RatnaSpaet, pada sabtu (2/6/2018).

Seorang pengguna Twitter lainnya kemudian menanggapi cuitan tersebut. Dia meminta Ratna untuk tidak terus-menerus menyalahkan Jokowi.

Baca Juga:  Begini Kegembiraan Pendemo Saat Dipulangkan dengan Bus dari TNI

“Waah…. Sampai gelandangan yang tipu-tipu cacat padahal nggak cacat. Sampai orang lahir cacat. Sampai nenek-nenek yang hilang akal. Dipastikan, padepokan #2019GantiPresiden menyalahkan jokowi. Mikir dong,” tulis akun @tong_basudara.

Baca juga: Ratna Sarumpaet: Saya Minta Maaf Telah Sebar Berita Hoax

Baca Juga:  Terkait Ulah Neno Pakai Mik Pesawat, Komisi V DPR: Sanksi ke Lion Air Sangat Tepat

Ratna pun kemudian membalas cuitan tersebut dengan mengatakan bahwa tidak ada yang bisa disalahkan selain Jokowi. Menurut ibu dari artis Atiqah Hasiholan itu, Jokowi menjadi presiden digaji rakyat maka wajib mengurus segalanya.

“Garuda bangkrut mau salahkan siapa kalau bukan Presiden? Untuk urus itulah dia jadi presiden dan digaji rakyat. Akal, logika, mikir!” tulis Ratna.

Baca juga: Masih Belum Terima Soal Mobil Diderek, Ratna Sarumpaet Somasi Dishub DKI