Daerah, DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Sandiaga Resmikan ‘Smart Pasar’ Pondok Indah, Seperti Apa Pintarnya?

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno. (Foto: Antara)

Jurnalindonesia.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Pasar Pondok Indah di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, sebagai ‘smart pasar’. Sandiaga menjelaskan, ‘pasar pintar’ ini menggunakan teknologi hampir pada setiap aktivitas di dalamnya.

“Digitalisasi zaman old itu hanya sebatas akses internet, email dan membuat website. Kalau zaman now, sekarang kita potensinya masuk semua lini bisnis, mulai dari produksi, manajemen bisnis, pemasaran, hingga online,” ujar Sandiaga, di Pasar Pondok Indah, Sabtu (2/6/2018).

Sandiaga sempat mencoba berbelanja di pasar ini. Dia membeli baju koko, kerudung, dan sorban, di salah satu toko. Metode pembayaran yang dia lakukan dengan sistem ‘QR code’. Tanpa menggunakan uang tunai, transaksi sudah bisa dilakukan.

Sandiaga mengatakan, ‘kepintaran’ pasar ini bukan hanya dari metode pembayarannya yang non-tunai saja. Pasar ini juga memiliki WiFi gratis yang bisa digunakan pengunjung.

Baca Juga:  Sandiaga Studi Banding ke Tokyo Lihat Persiapan Olimpiade 2020

Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi menggunakan teknologi virtual reality di salah satu sudut pasar.

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno usai berbelanja di Pasar Pondok Indah, Sabtu (2/5/2018). (Foto: Jessi Carina/Kompas)

Lampu-lampu yang digunakan di pasar ini juga bisa padam otomatis setelah tidak digunakan. Smart pasar ini kerja sama PD Pasar Jaya dengan ‘Perkumpulan Gerakan OK OCE’ dan Telkom.

Sandiaga ingin, binaan OK OCE bisa mempelajari sistem pembayaran terkini. Dengan demikian, mereka juga bisa menggunakannya di toko masing-masing.

Dia berharap nantinya semua pasar bisa menerakan konsep ‘smart pasar’ seperti ini.

Kick off ‘smart pasar’ ini tujuannya bagaimana Perkumpulan Gerakan OK OCE dengan Telkom, dan juga dengan PD Pasar Jaya ada 153 pasar,” kata Sandi.

Baca juga: Ormas Catut Nama Anies untuk Gelar Pasar Malam Liar, Ibu RW Kirim Surat Terbuka

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno dalam acara peresmian ‘Smart Pasar’ Pondok Indah di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Sabtu (2/6/2018).

Sandiaga berharap program ini bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Baca Juga:  Sandiaga Sebut Tujuan Ke Pasar Untuk Mendengar Aspirasi Rakyat, BukanPencitraan!

“Kita bisa memastikan bahwa ke depan OK OCE Trade Center dan Global Office bekerja sama bersinergi bisa membangun sebuah upaya untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujarnya.

Sandi mengatakan saat ini zamannya kolaborasi sudah bukan zamannya sendiri-sendiri.

“Kolaborasi ini kita pastikan bisa menghasilkan daya dobrak ekonomi yang lebih keras lagi,” katanya.

Sandi menginginkan akses ke lokasi pasar harus dibuat lebih beragam dan bagian depan pasar harus dibuat lebih menarik.

“Tapi saya pas masuk di sini, di sana mungkin di depan itu harus dibuat lebih menarik, Harus dibuat kekinian gitu loh,” katanya.

Baca juga: Sandiaga Klaim Hanya 1 Persen Warga yang Protes Soal PKL di Tanah Abang

Baca Juga:  Dukung Becak di DKI, Putra Amien Rais Minta Anies Tidak Ubah Bentuknya

Sandiaga mengatakan, hal yang perlu ditingkatkan adalah sarana transportasinya. Dia ingin transportasi umum bisa menjangkau pasar tersebut.

“Kalau tidak kereta atau Transjakarta atau apa gitu loh, supaya ramai,” kata dia.

Menurut Sandi, jika akses ke pasar hidup, maka penjualan dipastikan juga akan lebih baik, karena pembeli yang akan datang sendiri.

Acara peresmian ini juga dihadiri Executive Vice President Telkom Regional II Teuku Muda Nanta, Ketua Dewan Pengurus Harian Perkumpulan Gerakan OK OCE Faransyah Agung Jaya, dan Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin.

Artikel ini telah diterbitkan di Kompas.com dengan judul: ‘Pasar Pondok Indah Resmi Jadi “Smart” Pasar, Seperti Apa Pintarnya?’