Daerah, DKI Jakarta

Heboh Pohon Imitasi, Anies: Suka Pura-pura Kaget, Seakan Baru Ada Sekarang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku heran pemasangan pohon imitasi itu baru diributkan sekarang. Padahal, kata dia, pengadaan pohon imitasi sudah sejak tahun 2017 lalu.

“Suka pura-pura pada kaget. Seakan-akan baru ada sekarang,” kata Anies di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (1/6/2018).

Anies pun mengaku akan mengecek kembali ke Suku Dinas Perindustrian dan Energi (Sudin PE) Jakarta Pusat.

“Saya nggak mau berspekulasi, sesudah lengkap nanti saya sampaikan karena ini bukan sekedar untuk ramai-ramai di sosmed. Kita ini menjalankan pemerintahan jadi kita tata,” ucap Anies.

Baca juga: Soal Pohon Imitasi di Trotoar, Sandiaga Uno: Itu Untuk ‘City Beautification’

Sebelumnya, Kepala Sudin PE Jakarta Pusat Iswandi menjelaskan, lampu yang dipasang di trotoar Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta, sudah pernah dipasang pada 2017 lalu. Karena ada edaran untuk meramaikan Asian Games dan lebaran, Sudin PE berinisiatif memasang kembali pohon tersebut.

“Itu akan kita pakai setiap event-event tertentu dan itu mobile. Jadi, itu sudah pernah kita pasang di Setu Babakan 2017 dalam rangka lebaran betawi. Terus kita pasang lagi di Sudirman-Thamrin, titik yang sama, dalam rangka tahun baru,” kata Iswandi.

“Nah, kemarin kan ada edaran dari Pak Sekda untuk menghias kota Jakarta dalam rangka Asian Games, lebaran. Ini saya pasang kembali,” imbuhnya.

Iswandi mengaku tidak mengontrol bawahannya saat memasang pohon imitasi itu. Karena ditegur oleh tim gubernur, pihaknya mencopot kembali pohon-pohon itu.

“Ternyata ada satu badan jalan yang sangat sempit, lampu itu terpasang, sehingga mengganggu aktivitas pejalan kaki,” ujarnya.

Baca juga: HNW Soal Pohon Imitasi: Baru Saat Gubernurnya Pak Anies Mereka Ribut