Mancanegara

Bukan di Jerman atau Turki, Ini Fakta di Balik Foto Buka Puasa Terpanjang di Dunia

Buka puasa terpanjang di dunia

Jurnalindonesia.co.id – Foto buka puasa terpanjang di dunia viral di media sosial. Dalam keterangannya, netizen menyebut itu terjadi di Hannover, Jerman.

Dalam foto tampak meja-meja panjang dan kursi berjajar di tengah jalan. Warga berkumpul dan duduk di kursi yang telah disediakan.

“Luar biasa…..Buka puasa terpanjang di dunia di Hanover, Jerman, 10.2 km, jumlah meja 10.200 buah dan dihadiri oleh 42.100 orang yang berbuka puasa, masuk Guiness Book World Record… #RamadhanKareem,” demikian tertulis keterangan di foto itu.

Ada juga yang mengunggah foto itu namun disebutkan bahwa lokasinya di Turki.

Buka puasa terpanjang didunia di Turki sepanjang 10.2 km.Jumlah meja 10.200 bh dan dihadiri oleh 42.100 orang yg berbuka puasa, masuk Guiness Book World Record.Kapan Suroboyo isok koyok ngene ?

Posted by Yayock Eddy on Friday, 25 May 2018

Berdasarkan penelusuran, foto tersebut diambil saat buka puasa di Alexandria, Mesir pada tahun 2015 lampau. Sebagaimana diberitakan di situs Daily Pakistan, buka puasa terpanjang di dunia ini masuk dalam Guinness World Record.

Baca juga: Buka Puasa Bersama Digelar Tertutup, Anies-Sandi Undang FPI dan MUI DKI

Sebanyak 800 relawan menyiapkan meja sepanjang 4,3 km untuk buka puasa bersama. Meja berjajar dari Distrik Al-Mahrousa di sisi barat ke Sidi Gaber di timur.

Dilaporkan Ahram Online, sebanyak 7.000 partisipan terdaftar untuk mengikuti kegiatan. Kendati demikian, meja bisa menampung 10.000 orang untuk buka puasa.

Foto: AP // Daily Pakistan

Partisipan dapat bergabung di meja makan dua jam sebelum matahari terbenam. Ada 500 orang yang menyajikan makanan pada partisipan.

“Tujuan penyusunan meja adalah untuk mengembalikan sisi wisata dari Alexandria,” ucap Hany el-Meseery, selaku Gubernur Alexandria, seperti dilansir dari Daily Pakistan (27/07/2015) lalu.

Acara ini diselenggarakan pihak pemerintah Alexandria bekerja sama dengan sejumlah pengusaha dan kelompok masyarakat sipil. Tujuannya adalah memberi makan 10.000 orang secara gratis.

Perwakilan Guinness World Record pun mengukur panjang meja untuk memastikan meja rapat satu sama lain tanpa ada celah. Hasilnya, Alexandria berhasil memecahkan rekor meja makan yang sebelumnya dipegang Italia sepanjang dua kilometer.