Infotainment, Kriminal

John Paul Ivan: Terus Terang Saya Marah, Ini Apa-apaan?

John Paul Ivan
John Paul Ivan. (Foto: Instagram John Paul Ivan @i_am_john_paul_ivan)

Jurnalindonesia.co.id – Mantan gitaris Boomerang, John Paul Ivan, melaporkan pemilik situs www.pribuminews.co.id ke Bareskrim terkait lagu ‘2019 Ganti Presiden’. Situs itu menyebut John Paul Ivan sebagai pencipta lagu itu.

Merasa bukan yang menciptakan, gitaris berambut keriting itu pun tak terima.

“Saya datang ke sini (Bareskrim) melaporkan masalah fitnah dan pencatutan nama saya. Kan tadi mungkin teman-teman sudah melihat berita yang beredar tanggal 19 media pribumi.co.id (www.pribuminews.co.id, Red). Di situ saya menciptakan karya, sebuah karya cipta lagu ya kan, tapi ternyata itu bukan. Itu berita bohong, fitnah,” kata Ivan setelah melapor di Bareskrim, gedung KKP, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Ivan mengaku sangat marah saat pertama kali membaca berita di situs itu. Atas dasar itulah akhirnya dia memutuskan untuk menempuh jalur hukum.

Baca Juga:  Kejaksaan Bidik Tersangka Baru Kasus Korupsi Dana Bencana Gempa Lombok

“Saya waktu melihat berita awal itu terus terang saya marah, ini apa-apaan ini. Terus kayaknya ini memang harus ditindak, makanya saya hari ini datang ke sini untuk melaporkan masalah pencatutan nama itu,” ujarnya.

John Paul Ivan

Mantan gitaris Boomerang, John Paul Ivan (kanan), saat mendatangi Bareskrim Polri, Selasa (22/5/2018). (Foto: Denita Matondang/detikcom)

“Orang di sini menyuarakan bebas. Mau bicara apa aja bebas kita negara demokrasi, cuma harus tahu caranya. Kalau ini kan caranya nggak bener gitu loh, terus masalah kita mau milih ini-itu urusan pribadi masing-masing. Jadi nggak ada sangkut pautnya,” lanjutnya.

Baca: Namanya Dicatut di Lagu #2019GantiPresiden, John Paul Ivan Meradang

Laporan kasus ini tertuang dalam surat laporan LP/B/676/V/2018/Bareskrim tertanggal hari ini. Pemilik atau pimpinan situs itu diduga melanggar UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) serta Pasal 310 dan/atau 311 KUHP.

Baca Juga:  Pencuri Ini Mampu Bobol ATM Hanya Menggunakan Lidi Kecil

Adapun lagu berjudul ‘2019 Ganti Presiden’ menyebar luas di sejumlah platform media sosial sejak akhir pekan lalu. Lagu itu disebut-sebut sebagai ciptaan John Paul Ivan. Hingga kemudian Ivan membantahnya.

“Saya sudah menunjuk lawyer @angga.js sebagai Pihak badan hukum yang ditunjuk untuk menindak lanjuti kasus ini dengan diproses secara hukum yang berlaku di NKRI Terima kasih bagi semua teman2 yang sudah mendukung, kebenaran harus ditegakkan. STOP BERITA HOAX!!!
#jpi #johnpaulivan #beritabohong#hoax #proseshukum #sayaindonesia,” tulis Ivan di akun Instagram-nya, Minggu (20/5).