Daerah, Jawa Timur, Kriminal

Bom di Gereja Surabaya, Korban Tewas Bertambah Jadi 9 Orang, 40 Orang Terluka

Polisi bersiaga di sekitar lokasi ledakan di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela
Polisi bersiaga di sekitar lokasi ledakan di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Ngagel Madya, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Jurnalindonesia.co.id – Polisi menyatakan korban tewas pada insiden meledaknya bom di 3 gereja di Surabaya terus bertambah. Hingga berita ini dimuat, 9 orang dinyatakan tewas dan 40 orang terluka.

“Untuk saat ini ada 9 orang meninggal dunia. Untuk luka-luka ada 40 orang,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera di Surabaya, Minggu (13/5/2018).

Tiga gereja di Surabaya yang diguncang bom adalah Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Utara, Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Diponegoro 146 dan ketiga Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) di Jalan Arjuna.

Baca Juga:  Divonis 10 Tahun Penjara, Donatur Bom Thamrin Pekik "Allahu Akbar!"

Bom yang meledak di GKI Diponegoro diduga terjadi akibat bom bunuh diri yang dilakukan seorang perempuan di area parkir dekat gereja.

Baca juga: Mantan Teroris Ini Merasa Miris Kerusuhan Mako Brimob Dianggap Pengalihan Isu

Sebagaimana dilaporkan CNNIndonesia TV, Minggu (13/5/2018), ledakan ini menewaskan seorang perempuan yang diduga pelaku bom bunuh diri, dan dua orang anak.

Baca Juga:  Dihukum Mati, Brigadir Polisi Pemutilasi Anggota DPRD Ini Malah Tepuk Tangan

Sampai berita ini dimuat, belum ada penjelasan apakah kedua anak tersebut memiliki hubungan dengan terduga pelaku atau tidak.

“Ledakan terjadi sekitar pukul 07.00 saat jemaat melakukam misa, bom meledak di area parkir motor. Diduga perempuan itu pelaku, belum tahu apa membawa anak, atau korban orang lain,” demikian dilaporkan Korespoden CNNIndonesia TV Muhammad Walid dari keterangan pihak kepolisian, Minggu (13/5).

Dikabarkan, masih ada bom lain yang belum meledak di lokasi kejadian. Saat ini tengah ditangani unit Penjinak Bahan Peledak (Jihandak).

Baca Juga:  10 Fakta Pernikahan "Crazy Rich Surabaya", Berhadiah Jaguar

Baca: Tiga Gereja di Surabaya Diguncang Bom, Pelaku Diduga Menyamar