Daerah, Jawa Barat, Kesehatan

Bikin Terenyuh, Anak Mantan Wakil Bupati Sukabumi Ini Berniat Jual Ginjal Demi Ibu

donor ginjal
Postingan reza yang siap mendonorkan ginjalnya demi kesembuhan sang ibu. (Foto: Istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Nita Suryati Jajuli (48), istri mendiang mantan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi periode 2010-2015, Ahmad Jajuli, terbaring sakit di RS Kawaluyan, Bandung. Putra sulungnya, Reza Adiwilaga, kelimpungan mencari biaya untuk pengobatan sang ibu. Reza pun nekat menawarkan ginjalnya melalui media sosial.

“Saya tidak mau kehilangan orang tua untuk yang kedua kalinya, saya tulus untuk bantu ibu. Apapun akan saya lakukan untuk biaya pengobatan beliau,” kata Reza kepada detikcom melalui sambungan telepon.

Nita mulai menjalani perawatan pada Minggu (29/4). Ia sempat didiagnosa menderita asam urat saat pemeriksaan awal pada Sabtu (28/4).

“Ibu sudah masuk hari keempat di RS, jadi mendadak banget awalnya. Hari Sabtu mengeluh sakit, dibawa ke dokter diagnosanya asam urat dikasih obat sampai rumah, enggak ada perubahan. Minggu pagi saya bawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) langsung opname,” tutur pria berusia 27 tahun itu.

Reza juga menceritakan pada Minggu pagi sekitar pukul 11.00 WIB, kondisi ibunya sempat drop. “Tekanan darah 60/40 detak jantung berlebihan sampai 180 heartrate, terus dipindahkan ke ruang ICU. Saat ini muncul benjolan di kaki, observasi dokter baru keluar hari ini,” lanjutnya.

Menurut Reza, permasalahan muncul ketika menurut pihak RS ada obat yang tidak diproduksi di Indonesia.

Besarnya biaya untuk obat disebut Reza karena tidak seluruhnya ditanggung BPJS, ada beberapa obat yang memang tidak masuk dalam jaminan.

“Ada beberapa obat untuk ibu yang tidak diproduksi di Indonesia. Kemarin satu hari saja sudah 22 juta rupiah, hari ini saja sudah ada bill 33 juta rupiah. Itu untuk obat saja,” ujarnya.

“Saya saja kaget pas pertama menerima pembayaran sampai Rp 22 Juta,” imbuh dia.

Niat anak mantan wakil bupati Sukabumi ini jual ginjal demi ibunya terungkap dalam status akun media sosial, Rabu (2/5/2018).

Berikut isi tulisannya:

“Bismillahirrahmanirrahim…

Asalamualaikum Wr.wb.

Dengan segala kerendahan hati. Kepada rekan2 semua saya Mohon keikhlasannya untuk mendoakan kesembuhan ibunda tercinta yaitu ibu Nita Suryati Jajuli, yang saat ini memasuki hari ke 3 perawatan intensif di ICU Rumah Sakit Cahya Kawaluyan Bandung, dalam keadaan yg menurut dokter bisa dikategorikan kritis. 

Barangkali ada diantara saudaraku yang membutuhkan Ginjal, saya siap mendonorkan demi mencukupi biaya perawatan orang Tua saya, mungkin cuma ini yg dapat saya lakukan agar tidak kehilangan orang tua yang kedua kalinya. Yaa Allah berilah mamah kesembuhan, engkau Zat yang maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu Amien yaa rabbal’alamin

Terimakasih atas perhatiannya. Wassalam.”

Reza mencantumkan nomor telepon miliknya di dalam status, selain itu dia mengunggah foto sang ibu yang terbaring sakit.

Postingan itupun kemudian dibagikan oleh teman-temannya di media sosial.

“Sejauh ini yang berkomunikasi langsung untuk membantu dari Pemkab Sukabumi belum ada, tapi dari beberapa teman yang bilang sudah ada yang mau ke rumah sakit,” kata Reza.

Loading...