Daerah, DKI Jakarta, Kriminal

Desak Usut Tuntas “Sembako Maut” di Monas, Eggi Sudjana Sebut Ketua Panitia Jelas-jelas Berkampanye

Eggi Sudjana. (Foto: Antara/Adinda Riza P)

Jurnalindonesia.co.id – Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Eggi Sudjana, angkat suara terkait insiden pembagian sembako oleh Forum Untukmu Indonesia di kawasan Monas pada Sabtu (28/4) lalu.

Eggi mendesak Pemprov DKI Jakarta dan aparat kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut. Selain telah menelan dua korban jiwa yang terdiri dari anak-anak, acara tersebut juga, menurut Eggi, kental dengan unsur politik dan agama.

“Dapat izinnya festival, kok bagi-bagi sembako di dalamnya? Persoalan selanjutnya, Dave si ketua panitia sangat jelas-jelas berkampanye. Dia kan Jokowers (pendukung Jokowi) berat,” kata Eggi Sudjana, dalam konferensi pers di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (3/5).

Selain itu, Eggi juga mempermasalahkan unsur kegiatan ibadah keagamaan pada acara tersebut. Menurut dia, masyarakat yang datang ke lokasi tidak mengetahui ada kegiatan keagamaan di dalam acara itu.

“Ini sudah penyimpangan hukum bahkan sampai ada korban dua bocah meninggal. Jaringan kami sudah membuat laporan ke polisi karena sudah melanggar hukum,” ujar Eggi.

Terkait nama Dave yang disebutkan Eggi, dia tak lain adalah Dave Revano Santosa, Ketua Forum Untukmu Indonesia (FUI).

Dave dikabarkan memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada Pemilihan Presiden 2014 lalu, Dave sempat menjadi ketua fasilitator Forum Relawan Jokowi (ForJokowi). Hal tersebut terlihat di laman Facebook Dave. Dia tengah berfoto berdua dengan Joko Widodo di salah satu ruangan.

Dave juga berperan dalam pemenangan Jokowi sebagai Presiden RI dengan menghimpun pemimpin-pemimpin Gereja.

Dave Revano Santosa

Dave bersama Jokowi. (Foto: Facebook Dave Revano Santosa)

Namun, belakangan juga dikabarkan bahwa Dave adalah relawan Program OK OCE, program yang dicetuskan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Baca: Perindo DKI: Ketua Panitia Pembagian Sembako di Monas Adalah Relawan OK OCE

Dalam kasus pembagian sembako di Monas ini, Dave dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh ibu dari korban bernama Muhammad Fayyadh, pada Rabu (2/5/2018).

Dave dinilai lalai hingga menyebabkan tewasnya dua bocah, yakni Muhammad Rizky dan Mahesa pada acara pembagian sembako tersebut.

Laporan ini diterima oleh Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Bareskrim dengan No LP/578/V/2018/Bareskrim tertanggal 2 Mei 2018. Dave diduga melanggar pasal 359 KUHP dengan tindak kelalaian yang menyebabkan meninggalnya orang dengan ancaman lima tahun penjara.

Baca juga: Sandiaga: Pemprov Ikut Bertanggung Jawab Terkait Insiden Bagi Sembako di Monas