Kriminal

Mereka Berkumpul Demi Mendukung Rocky Gerung dan Amien Rais

Aktivis dan politikus berkumpul menyuarakan dukungan kepada Rocky Gerung dan Amien Rais.
Aktivis dan politikus berkumpul menyuarakan dukungan kepada Rocky Gerung dan Amien Rais. (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)

Jurnalindonesia.co.id – Politikus, pengacara dan aktivis berkumpul untuk mendukung Rocky Gerung yang saat ini tengah dipolisikan terkait pernyataannya soal ‘kitab suci itu fiksi‘.

Mereka antara lain Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Lulung, Ratna Sarumpaet, Eggi Sudjana hingga para pengacara yang tergabung dalam Advokat Cinta Tanah Air (ACTA).

Mereka berkumpul di Quiznos Cafe, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).

Ketua Dewan Pembina ACTA, Habiburokhman mengatakan, acara ini merupakan tindak lanjut dari rapat ACTA Presidium sebelumnya.

“Kita ini berdasarkan rapat ACTA Presidium, kita diminta berpartisipasi dalam advokasi tokoh-tokoh besar yang saat ini dilaporkan Pasal 28 dan 45 UU ITE, yaitu Pak Amien Rais dan Pak Rocky Gerung. Kami beranggapan dua tokoh ini sangat penting untuk kita jaga,” kata Habiburokman dalam sambutannya di lokasi.

Baca: Amien Rais Dilaporkan ke Polda Metro soal ‘Partai Setan’

Menurut Habiburokhman, apa yang disampaikan Rocky Gerung mengenai ‘kitab suci adalah fiksi’ memiliki suatu nilai kebenaran.

“Karena apa yang mereka sampaikan, menurut kami, adalah suatu yang memiliki nilai kebenaran. Saat ini adalah pertaruhan terkait keberadaan Pasal 28 dan 45 itu adalah bagaimana kita menjaga kebebasan bicara dan kebebasan ekspresi yang dahulu susah payah kita raih,” ujar Ketua DPP Partai Gerindra itu.

Habiburokhman mengaku ACTA telah mengerahkan 200 advokat untuk mendampingi Amien Rais serta Rocky dalam menghadapi masalah hukumnya.

Haji Lulung hadir sebagai bentuk dukungan

Haji Lulung hadir sebagai bentuk dukungan. (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)

Ditemui di tempat yang sama, Eggi Sudjana mengatakan bahwa dirinya mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Rocky soal pernyataan kontroversial itu.

“Saya menilai apa yang disampaikan Rocky Gerung itu saya sudah WA dia dan dia membenarkan, yang saya benarkan dari kata Rocky adalah pengertian fiksi. Kata Rocky, fiksi adalah membangkitkan energi, dia nggak menyebut Alquran karena Alquran itu wahyu Allah, jadi lawannya fiksi itu realitas,” kata Eggi.

Dalam acara ini juga ada sesi penandatanganan di sebuah poster sebagai bentuk dukungan mereka kepada Rocky Gerung.

Baca juga: Klarifikasi Rocky Gerung soal Kitab Suci Fiksi: Saya Enggak Pakai KBBI

Eggi Sudjana

Eggi Sudjana membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan. (Foto: Zunita Amalia/detikcom)

DETIKCOM

Loading...