Pendidikan

Netizen Suarakan ‘Hari Bawa Bekal Nasional’, Bagaimana Asal-usulnya?

Ilustrasi anak sekolah bawa bekal. (Foto: Asn.id)

Jurnalindonesia.co.id – Frasa ‘Hari Bawa Bekal Nasional‘ menduduki daftar Trending topic Twitter Indonesia, Kamis (12/4/2018).

Beragam cuitan meramaikan frasa tersebut. Dari berbagi ucapan selamat hingga berbagi foto bekal makanan.

Asal usul Hari Bawa Bekal Nasional

Baca Juga:  Istri Mendiang Nurcholish Madjid: Universitas Paramadina Telah Kehilangan Roh Perjuangan dan Intelektualitasnya

Tahukah kamu, bagaimana awal mula munculnya peringatan ‘Hari Bawa Bekal Nasional’ yang jatuh tiap tanggal 12 April?

Penelurusan di mesin pencari Google, artikel terkait ‘Hari Bawa Bekal Nasional’ sudah ada sejak tahun 2013. Berikut sejumlah artikel tahun 2013 yang menuliskan cerita soal peringatan ini:

– Antara News (12 April 2013) “Tupperware kampanyekan Hari Bawa Bekal Nasional”

Baca Juga:  Fadli Zon Dianugerahi Gelar ‘Yang Mulia Sri Paduka Raja’ dari Puri Agung Singaraja

– Intisari Online(12 April 2013) “Pencanangan Kampanye “Hari Bawa Bekal Nasional”

– Beritasore.com (12 April 2013) “12 April, Hari Bawa Bekal Nasional”

Dari artike-artikel tersebut, dijelaskan bahwa ‘Hari Bawa Bekal Nasional’ merupakan kampanye dari Tupperware, perusahaan multi-nasional asal Amerika Serikat yang memproduksi produk plastik untuk keperluan rumah tangga.

Dalam kampanye ini, Tupperware berkerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pendidikan Nasional RI, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dalam artikel yang dimuat di Antara News dijelaskan alasan kampanye ini. Antara lain, soal data BPOM pada tahun 2006-2010 yang menyebut bahwa 40 – 44 persen jajanan anak sekolah tidak memenuhi syarat kesehatan. Oleh karena itu, membiasakan anak membawa bekal dianggap sebagai salah satu solusi untuk menjamin nutrisi dan kesehatan anak.

Akun Muhammad Isa di Kompasiana, menyebut bahwa peringatan ini juga selaras dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39/2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

Baca Juga:  Kisruh Soal Pendaftaran Anak Sekolah, Sandiaga Minta Masyarakat Bersabar

Pasal 3 peraturan itu mengamanatkan materi pembinaan siswa yang meliputi kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi. Salah satu turunan dari amanat itu adalah ‘melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.’

Sementara bagi Tupperware, kampanye ‘Hari Bawa Bekal Nasional’ merupakan puncak program ‘Aku Anak Sehat’ yang telah berjalan sejak 2007.