Nasional

Mabes Polri Bantah Isu Mutasi Dirlantas Polda Metro karena Anies Baswedan

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di mutasi ke Dirregident Korlantas Polri.

Jurnalindonesia.co.id – Berkembang isu yang menyebutkan bahwa mutasi Kombes Halim Pagarra, dari jabatan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya menjadi Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, lantaran selalu berbeda pendapat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, salah satunya soal penutupan Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Namun isu itu dibantah oleh Mabes Polri. Sebagaimana disampaikan Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal, mutasi atas jabatan Halim Pagarra adalah hal biasa. Justru, menurut dia, mutasi ini merupakan promosi bintang satu.

Baca Juga:  Ada 200 Ribu Kasus 'Mengendap' di Polri, Ini Penjelasan Kabareskrim

Iqbal mengatakan, jabatan baru Halim di Korlantas merupakan jabatan brigjen.

“Halim itu dapat bintang satu. Artinya pimpinan melihat selama menjabat Dirlantas Polda Metro Jaya mempunyai rekam jejak yang baik,” kata dia di Mabes Polri, Senin (9/4).

Baca juga: Dirlantas Polda Metro Kembali Desak Anies Buka Jalan Jatibaru Raya Tanah Abang

Sementara terkait pendapat Halim yang bertentangangan dengan kebijakan Pemprov DKI, menurut Iqbal, hal itu karena tugasnya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Baca Juga:  Anies: Trotoar Rancangan Ahok Indah di Mata Tapi Tidak Enak di Hati

“Beliau melakukan pemeliharaan keamanan pada masyarakat dan penegakan hukum. Itu orientasinya adalah kepada publik, karena kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Perbedaan itu, kata Iqbal, tak jadi soal selama apa yang dilakukan itu untuk urusan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

“Dari kacamata kami, Halim berseberangan tapi berseberangannya kan legal, dia menyampaikan kepentingan dari kacamata lalu lintas,” jelas Iqbal.

Mutasi atas Halim tertuang dalam surat Telegram Rahasia Kapolri Nomor: ST/964/IV/KEP/2018 tertanggal Minggu, 8 April 2018. Posisi Dirlantas Polda Metro akan diisi Kombes Yusuf.

Baca Juga:  4 Terduga Teroris Serang Mapolda Riau, 1 Polisi Tewas 3 Orang luka

Baca juga: Dirlantas Polda Metro Sayangkan Pembebasan Kembali Motor di Thamrin