Sepakbola, Sport

Klarifikasi Persib: Fernando Soler Adalah Penerjemah Bukan Asisten Pelatih

Jurnalindonesia.co.id – Keberadaan Fernando Soler di pinggir lapangan saat Persib menjamu Sriwijaya FC Minggu kemarin telah mencuri perhatian para penikmat sepak bola Indonesia. Dalam laga tersebut terlihat Soler bertindak sebagai juru taktik menggantikan Mario Gomez yang sedang pulang kampung ke Argentina. Namun di dalam Daftar Susunan Pemain (DSP), Soler hanya bertugas sebagai penerjemah.

Hal ini tentunya menimbulkan reaksi keras dari penikmat sepak bola Indonesia. Mereka menganggap Persib telah melakukan pelanggaran karena yang tercatat sebagai asisten pelatih adalah Herry Setyawan bukan Fernando Soler.

Menanggapi, hal ini sekretaris Maung Bandung Yudiana akhirnya angkat bicara. Menurutnya, jabatan Soler sudah sesuai dengan ketentuan regulasi yang diterapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang tercantum pada pasal 30 ayat ‎5, yang menegaskan tidak boleh ada dua orang dengan jabatan sama dalam daftar ofisial yang berada di bangku cadangan.

Baca Juga:  Guardiola Beberkan Alasan Man City Kalah Lawan Liverpool

“Manajemen patuh kepada regulasi yang diterbitkan oleh pihak LIB, yang mana tertera di situ jika jabatan seorang asisten pelatih hanya boleh diisi oleh satu orang,” kata Rudiana dalam laman resmi klub.

“Jadi dengan mengikuti aturan dari LIB, Soler di sini menjabat sebagai penerjemah dari pada Mario Gomez, yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pemain dan pelatih,” tambahnya.

Baca Juga:  Jadwal dan Prediksi Spanyol vs Republik Ceko, Live Streaming EURO 2016 RCTI Senin 13/6/2016

Berikut ini salah satu isi pasal 30 ayat 5 regulasi Liga 1 2018 tentang ofisial tertulis:

Dari tujuh ofisial yang diperbolehkan duduk di bangku cadangan, 3 di antaranya wajib berada di bangku cadangan dalam setiap pertandingan dengan jabatan sebagai berikut, a. manajer tim, b. pelatih kepala, c. dokter tim; Sementara 4 orang ofisial lain dengan salah satu jabtan sebagai berikut: a. asisten manajer, b. asisten pelatih, c. pelatih penjaga gawang, d. pelatih fisik, e. media officer, f. interpreter, g. security officer, h. direktur teknik, i. fisioterapis, j. kitman. Seluruh jabatan tersebut hanya dapat didaftarkan untuk 1 personil (contoh: tidak diperbolehkan asisten manajer 1, asisten manajer 2, dan lain-lain). Kecuali untuk jabatan kit man diperbolehkan didaftarkan lebih dari 1 personil.

Baca Juga:  Bambang Hartono: Ingin Jadi Orang Sukses, Main Bridge

Ketidakpastian status Fernando Soler ini kemudian memicu kalangan suporter Persib melancarkan tuntutan kepada pihak persib untuk melakukan klarifikasi. Bahkan beberapa di antara bobotoh telah membentangkan spanduk yang meminta Soler meninggalkan Persib.