Kriminal

Abu Tours Jadi Tersangka Penipuan 86 Ribu Calon Jemaah Umrah

Abu Tours cabang Palembang, Sumatera Selatan
Abu Tours cabang Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (27/2/2018). (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Jurnalindonesia.co.id – Biro perjalanan haji dan umrah, Abu Tours, dinyatakan telah menelantarkan 86.720 calon jemaahnya. Fakta tersebut diketahui usai gelar perkara penetapan tersangka yang dilakukan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel.

“Dari hasil penyidikan hingga hari ini ada 86.720 jemaah yang belum sempat berangkat. Itu ada di 15 wilayah operasional Abu Tours,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani dalam rilis terkait kasus Abu Tours di Mapolda Sulsel, Jumat (23/3/2018).

Baca Juga:  Bos First Travel Masuki Ruang Sidang, Pengunjung: Awas Penghuni Neraka Lewat

Dicky menyatakan, biro perjalanan haji dan umrah Abu Tours diduga melakukan tindak pidana penipuan, penggelapan serta pencucian uang dengan modus memberangkatkan umrah dengan harga murah.

Dalam kasus ini, penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel menemukan dana sebesar Rp1,8 trilliun yang diambil oleh Abu Tours dari puluhan ribu calon jemaah. Namun, dana tersebut diduga untuk hal-hal diluar peruntukan ibadah umrah.

“Abu Tours diduga menggunakan sebagaian dana para calon jemaah untuk pengembangan unit bisnis dan pembelian aset,” imbuh Dicky.

Baca Juga:  Giliran Rumah Ketua MUI Kota Madiun Disatroni "Orang Gila"

Sebagai langkah lanjutan, pihak penyidik akan melakukan pemblokiran terhadap 28 rekening bank yang diduga menampung hasil kejahatan. Selain pemblokiran rekening, tim penyidik juga melakukan pemblokiran aset yang tidak bergerak.

“Dilakukan pemblokiran aset tidak bergerak perusahaan ke BPN dan permohonam ketetapan sita ke pengadilan berupa 34 aset tanah dan bangunan. Dilakukan juga penelusuran aset bergerak (kendaraan bermotor) yang dibeli dengan menggunakan uang hasil kejahatan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Aa Gatot Disebut Memiliki Kelainan Kejiwaan: Gemar Berhubungan Intim Ramai-ramai

Baca selenjutnya: Bikin Geleng Kepala, Begini Gaya Hidup Bos Abu Tours Tersangka Penipuan 86 Ribu Jemaah Umrah