Ekonomi dan Bisnis

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencicil Handphone

Menurut laporan Digital in 2017 Global Overview, Indonesia merupakan negara ketiga tertinggi yang paling aktif menggunakan media sosial setelah Tiongkok dan India. Dari data tersebut juga terungkap bahwa warga Indonesia menghabiskan rata-rata sekitar 3 jam 16 menit per-hari bermain sosial media. Bahkan saat ini tercatat hampir sekitar 106 juta pengguna Facebook di Indonesia,  yang menempatkan negara kita berada dalam urutan ke empat untuk pengguna Facebook terbanyak di dunia.

Angka tersebut membuktikan bahwa perkembangan media sosial memberikan penetrasi cukup tinggi terhadap pertumbuhan pengguna handphone. Bukan hal yang  mengherankan jika Indonesia termasuk salah satu negara yang menjadi market terbesar yang ditargetkan oleh produsen handphone asal negeri Tiongkok yang mendominasi pasar sejak medio 2017 lalu. Beberapa merek handphone seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi cukup gencar memberikan promosi dan juga value produk yang tidak didapatkan dari beberapa merek ponsel premium seperti Samsung dan Apple.

Pertumbuhan pengguna handphone pun tampaknya masih berlanjut hingga tahun 2018. Apalagi saat ini semakin banyak perusahaan financial technology alias fintech yang fokus pada pinjaman online tumbuh dan berkembang pesat dari tahun sebelumnya. Tentunya masyarakat Indonesia akan semakin diuntungkan dengan hadirnya perusahaan fintech sebagai solusi keuangan. Contoh sederhananya, berkat tumbuhnya fintech, kini masyarakat makin mudah mendapatkan cicilan hp tanpa syarat dp, biaya admin, dan kartu kredit.

Namun sebelum mengajukan cicilan hp, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini agar kamu bisa tetap mengelola keuangan dengan baik setiap bulannya.

  1. Sesuaikan spesifikasi handphone dengan bujet yang dimiliki

Seringkali pengguna tidak sadar dengan kebutuhannya. Beberapa orang justru membeli handphone bukan didasari atas kebutuhan, melainkan keinginan dan gengsi semata. Ujung-ujungnya malah menjadi mubazir karena tidak bisa menggunakan fitur handphone secara maksimal.

Sebaiknya, sebelum membeli handphone, pahami dulu spesifikasi yang dibutuhkan. Jika nantinya handphone hanya digunakan untuk bermain sosial media, sebetulnya tidak membutuhkan spesifikasi dengan performa yang tinggi. Lain halnya jika membutuhkan handphone yang memiliki performa teruji untuk menunjang pekerjaan.

  1. Pastikan membeli hape yang bergaransi

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dan persaingan yang amat ketat membuat beberapa orang memanfaatkan tren. Kamu perlu waspada dengan beberapa modus penipuan dengan produk replika dan refubrish yang harganya memang jauh lebih murah daripada harga normal di pasaran.

Pastikan kamu membeli di toko online yang terpercaya dan memiliki sistem pembayaran yang aman. Jangan pernah tergiur dengan harga murah sekalipun yang ditawarkan adalah barang bekas berkualitas. Pastikan kamu memahami cara mengidentifikasi handphone original atau asli dengan handphone palsu. Yang jelas untuk mengusir kekhawatiran, pilih toko online terpercaya dan pastikan handphone memiliki garansi dari distributor resmi.

  1. Sesuaikan cicilan dengan kemampuan

Jangan pernah membeli handphone yang harganya melebihi dari dana yang dimiliki. Apalagi jika berencana mengajukan cicilan hp secara online. Pastikan bahwa pendapatan kamu benar-benar aman untuk hidup bulanan.

Beberapa pakar perencanaan keuangan memberikan saran bahwa idealnya kamu bisa memiliki utang dengan porsi 30 persen dari pendapatan tetap. Misalnya jika kamu memiliki gaji tetap sekitar Rp 4.5 juta perbulan, maka kamu memiliki batas aman kredit/cicilan tidak lebih dari Rp 1.35 juta perbulan. Jika cicilannya kurang dari itu maka akan lebih baik lagi.

  1. Pilih tenor cicilan yang paling menguntungkan

Semakin lama jangka waktu cicilan hp, maka akan semakin besar bunga yang dibayarkan. Sebaliknya jika semakin sedikit jangka waktu tenor yang diambil, maka akan semakin sedikit pula bunga yang harus dibayar.

Jika kamu mengajukan cicilan hp melalui Kredivo, kamu bisa mendapatkan tenor cicilan beragam mulai dari 3 bulan, 6 bulan, sampai dengan 12 bulan. Kamu juga memiliki opsi untuk bayar secara tunai dalam 30 hari setelah transaksi dilakukan. Jika kamu memilih opsi ini, maka kamu tidak akan dikenakan bunga sama sekali. Sedangkan jika kamu memilih cicilan, maka kamu akan dikenakan bunga rendah sebesar 2,95%.  

Ciclan hp melalui Kredivo tidak memerlukan DP, biaya admin ataupun kartu kredit. Kamu hanya perlu membayar harga barang dan ongkos kirim. Proses pendaftarannya juga serba online. Kamu tinggal mengunsuh aplikasi Kredivo melalui Play Store atau App Store, memilih opsi “Bayar dalam 30 hari”, atau “Cicilan”, dan ikuti panduannya. Jika kamu memilih “Bayar dalam 30 hari” maka kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan menyambungkan satu akun e-commerce yang memiliki riwayat transaksi. Apabila kamu memilih opsi “Cicilan”, kamu diminta untuk menambahkan akun internet banking. Proses approval-nya hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.

Setelah disetujui, maka kamu bisa langsung membeli hp pilihanmu di lebih dari 150 merchant rekanan Kredivo seperti Lazada, Bukalapak, Blibli, Shopee, atau JD.id. Tidak perlu banyak persyaratan untuk mendaftar Kredivo. Jika kamu adalah seorang WNI, berusia minimal 18 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan, dan berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan, maka kamu sudah bisa mendaftar akun Kredivo. Mudah sekali, kan?

5.Gunakan promo dan diskon untuk mendapatkan harga terbaik

Bagi member pertama yang aplikasinya berhasil disetujui, kamu bisa mendapatkan diskon sampai dengan Rp50.000 untuk transaksi pertama dengan menggunakan akun Kredivo.

Kredivo tidak hanya bisa digunakan untuk mengajukan cicilan hp tapi juga bisa digunakan untuk membayar segala kebutuhan seperti membayar tagihan listik, tagihan telepon, membeli tiket pesawat, booking hotel sampai dengan membeli kuota data atau pulsa telepon. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Kredivo, kamu bisa membelinya saat ini dan membayarnya nanti. Sangat menarik sekali bukan? Untuk mengetahui lebih lanjut, cek persyaratan mudahnya daftar Kredivo di sini.