Nasional

Jokowi Ikut Lomba Kicau Burung, Ustaz Abdul Somad Bilang Haram

Presiden Joko Widodo (kiri) - Ustaz Abdul Somad.
Presiden Joko Widodo (kiri) - Ustaz Abdul Somad.

Jurnalindonesia.co.id – Presiden Joko Widodo baru-baru ini mengabarkan bahwa dirinya ikut dalam lomba kicau burung yang digelar di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/3/2018) pagi.

Jokowi mengaku burung Murai Batu miliknya kalah oleh burung murai batu milik Ade dari Brebes, Jawa Tengah.

Dalam hal itu Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa komunitas pencinta burung kicau telah ikut menjaga kekayaan spesies burung di Indonesia.

Selain itu Jokowi juga menyinggung soal tingginya perputaran ekonomi dari hobi burung kicau yang menurutnya mencapai Rp1,7 triliun per tahun.

Presiden Joko Widodo memperhatikan burung murai batu milik Ade dari Brebes, Jateng, yang memenangi lomba kicau Piala Presiden 2018 di Kebun Raya Bogor, Jabar, Minggu (11/3/2018).

Presiden Joko Widodo memperhatikan burung murai batu milik Ade dari Brebes, Jateng, yang memenangi lomba kicau Piala Presiden 2018 di Kebun Raya Bogor, Jabar, Minggu (11/3/2018). (Foto: Antara/Joko Susilo)

Namun ternyata, apa yang dilakukan orang nomor satu di Indonesia itu salah menurut Ustaz kondang Abdul Somad.

Dalam sebuah video yang diunggah akun youtube bernama ‘studio jbb‘, Ustaz asal Riau itu dengan tegas mengatakan jika tindakan Jokowi itu haram.

Tak hanya itu, ustaz Somad juga menyertakan dalil atas pernyataannya tersebut.

Awalnya ustaz Somad menjawab pertanyaan dari jemaah yang menanyakan, “lomba kicau burung itu haram apa tidak pak Ustaz?”

Lantas dijawab Abdul Somad, “Haram. Dimana letak haramnya? Iuran sejuta, sejuta sejuta, sejuta sejuta setelah itu siapa kicaukan paling bagus dikumpulkan duit, judi. Haram,” ucapnya.

“Yang kedua, menyiksa burung. Apa hukum memelihara burung mubah, mana dalilnya? Ada sahabat nabi bernama Abu Umair memelihara burung, nabi tak melarang, tapi buat sangkarnya besar di dalam itu berpasang-pasang. Ini Dibuatlah burung satu ekor sendirian. Sejak akil balig sampai umur tua sendirian. Pagi dia sudah menjerit aaa, aaa, padahal burung itu menjerit bini…bini bini… Ah mantap terus. Menyiksa, sedang menyiksa burung,” ucap Abdul Somad.

Berikut videonya:

Loading...