Kriminal

Mahfud MD Tak Jadi Laporkan Akun @RestyCayah, Ini Alasannya

Mahfud MD
Mahfud MD

Jurnalindonesia.co.id – Mahfud MD mendapat cacian dari netizen di akun Twitter-nya. Gara-gara itu, mantan Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) itu pun mengaku akan melaporkannya ke polisi.

Baca: Disebut Pekok dan Gelar Profesornya Diragukan, Mahfud MD Polisikan Akun Ini

Namun dua hari kemudian Mahfud mengaku tak benar-benar akan melaporkan akun tersebut.

“Enggak juga, bergurau saja. Saya hanya ngetes saja,” kata Mahfud, Rabu (7/3/2018) malam.

Adapun, akun yang ramai diperbincangkan itu adalah akun @RestyCayah. Pada tanggal 7 Maret 2018 pukul 00.07 WIB, akun tersebut mencuit soal Mahfud MD.

“Mahfud percaya aja pengakuan 14 org yg dita gkap ngapus berita ..haha, jadi ingat ketololan dia sat kalah polling menuduh polling twitter bisa divote oleh satu akun sekali pencet 20x sampe ribuan kali. Loe beneran Prof kan pak @mohmahfudmd ?” begitu cuitan @RestyCayah.

Menanggapi cuitan tersebut, Mahfud mengatakan, “Besok lusa saya laporkan kamu ke polisi. Ini melanggar 4 pasal dlm KUHP. Siap-siap Kamis. Kalau besok pagi saya masih ada rapat.”

Sebagian besar followers Mahfud MD mendukungnya untuk melaporkan akun tersebut ke polisi. Malah, dalam cuitan berikutnya, Mahfud mengungkap alasannya melapor yaitu untuk mendidik netizen agar tidak gampang mengumbar kebencian.

Tapi ternyata Mahfud tidak benar-benar akan melaporkan akun tersebut.

“Enggak, itu gurau saja. Masa saya yang suka kritik orang enggak suka dikritik. Biarin saja,” ucapnya, saat ditemui di kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Kamis (8/3).

Saat itu, kata Mahfud, dirinya cuma ingin menggertak saja. Tapi tidak ada niat sama sekali untuk melaporkan pemilik akun tersebut.

“Saya bilang, ‘kamu saya laporkan ke polisi lusa’, padahal lusa kan saya di sini (di kampus IPDN Jatinangor, red) hari ini. Saya ngetes orang ini seberapa berani. Ternyata menghilang. Twit-nya yang terkait saya dihapus semua,” ujar Mahfud.

Mahfud sendiri mengaku sudah mendapat informasi bahwa akun tersebut sebelumnya pernah dilaporkan juga oleh public figure lain, seperti artis Chico Hakim dan Guntur Romli.

“Chico Hakim ada melaporkan akun itu ke Bareskrim, Guntur Romli juga. Biar itu saja yang diproses polisi, saya enggak usah melapor,” ujarnya.

Menurut Mahfud, itu bukan persoalan besar. Meski demikian Mahfud meminta agar netizen lebih bijak dalam bersosial media.

Menanggapi hal itu, Chico Hakim pun mengaku salut dengan keputusan Mahfud MD tersebut.

“Bijak. Betul Prof @mohmahfudmd, biar saja sudah cukup kami yang pernah melaporkan, insya Allah tidak lama lagi pemilik dan pengelola akun tersebut ditindak. Salam,” cuita Chico.

Baca juga: Cerita Mahfud MD Tentang Humor KH Hasyim Muzadi di Depan Narapidana