Teknologi

Tumblr Diblokir, Ini Penjelasan Kemkominfo

Jurnalindonesia.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali melakukan aksi pemblokiran. Kali ini yang menjadi korban adalah situs microblogging dan media sosial Tumblr sejak Senin sore (5/3/2018).

Melalui akun Twitter resmi, Kemkominfo menjelaskan alasan dan kronologi pemblokiran Platform yang berdiri pada 2007 ini.

Dalam penjelasannya Kemkominfo menyebutkan pemblokiran Tumblr dimulai dari aduan masyarakat terkait konten pornografi atau asusila di layanan tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran dan analisis konten, Kemkominfo mengklaim menemukan lebih dari 360 akun asusila di Tumblr.

Kemkominfo merangkum penjelasannya tentang pemblokiran Tumblr melalui empat twit. Berikut rinciannya:

1. Tim aduan konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform Tumblr. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada Tumblr.com dan aplikasinya.

2. Ditemukan pula Tumblr tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila.

3. Pada 28 Februari 2018, tim aduan konten Kemkominfo kemudian mengirimkan notifikasi melalui email kepada Tumblr untuk membersihkan platform-nya dari konten-konten asusila, dengan batas waktu penanganan maksimum 2 x 24 Jam.

4. Sampai lewat batas waktu yang diberikan tersebut, tidak ada respons dari Tumblr. Hingga akhirnya dilakukan tindakan pemblokiran terhadap delapan DNS Tumblr pada Senin sore (5/3/2018).

Warganet mengecam

Tak pelak, aksi pemblokiran ini menuai protes dari warganet Indonesia. Sebagian besar menyayangkan keputusan pemerintah memblokir layanan yang diciptakan oleh David Karp tersebut.

Baca Juga:  Situs KPU Kena Hack, Hacker Tulis Pernyataan Menyentuh

“Saat ini @kemkominfo memblokir Tumblr dengan dalih konten negatif, padahal banyak penulis aktif menulis di microblogging ini, sangat disayangkan diblokir. #RIPTumblr,” tulis @mhdanugrah22.

“Kisah zaman SD, SMP, SMA, kuliah, semuanya ada di Tumblr. semuanya di backup di sana, kenapa diblokir,” demikian twit dari @chiqui_a.

“360 itu cuman sebagian kecil kan? Yakali kudu memblokir Tumblr, banyak kenangan saya disana pak. Youtube juga banyak kok konten asusila, blokir juga dong!,” kicau @heniHdina.