Politik

Unggahan Instagram Kang Emil di Hutan Mangrove Diprotes Warganet, Dianggap Serupa dengan ‘CELUP’

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

Jurnalindonesia.co.id – Dua foto yang diunggah Ridwan Kamil di akun Instagram-nya saat berkunjung ke Hutan Mangrove Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, menuai kritikan warganet.

Dua foto yang diunggah pada Jumat (2/3/2018) kemarin itu, tampak Ridwan Kamil berdiri membelakangi sepasang muda mudi sedang duduk menikmati ademnya hutan mangrove.

Tampak di foto tersebut Ridwan Kamil berpose seperti menunjuk ke dua orang tersebut.

Dengan gaya bahasa khas akun gosip, Ridwan Kamil menuliskan caption di unggahannya itu.

“Jam 3 siang, blusukan kampanye jalan kaki di hutan Mangrove Muara Gembong Kab Bekasi. Tiba-tiba ada yang lagi mojok syahdu di kebon, yang tercyduk kekuatan hengpon jadul minceu babang tamvan: “Cekrek..cekrek…Semoga segera menikah biar halal dan jangan lupa undang babang,” tulis pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Ridwan Kamil

Foto: Instagram @ridwankamil

Ridwan Kamil

Foto: Instagram @ridwankamil

Namun sayang, unggahan ini justru menuai kontroversi dari warganet. Banyak yang mengkritik aksi Calon Gubernur Jawa Barat ini yang seolah mempermalukan kedua orang tersebut di hadapan publik.

Baca Juga:  Pasangan Anies-Sandi Unggul di TPS Djarot

“Anak muda lagi pacaran, dipermalukan cuma demi kepentingan politik ya pak. Keterlaluan sih. Amit2 dah,” tulis seorang netizen.

Ada juga yang menyebutkan ketidaksukaannya terhadap unggahan ini secara panjang lebar: “Saya muak melihat strategi kampanye semacam ini. Memotret pasangan yang berduaan dan mengunggah fotonya ke sosial media. At the very least, kalau memang mereka berbuat asusila di tempat umum, laporkan ke pihak yg berwajib, bukan malah mengunggah foto mereka dan menjadikan mereka bahan bullying seperti ini. Semoga Indonesia selamat dari pemimpin-pemimpin berpikiran cetek.”

Namun tidak sedikit pula yang menganggapnya sebagai guyonan belaka dan tidak membuat kedua orang tersebut dipermalukan.

“Heran dehh pada baperan. Lagian ga mungkin jga itu orang ga tau ada bapak ridwan kamil, pastinya ge pak emil udh izin duluu.. Please duueeeh.. lagian muka orangnya aja ga keliatan.. ngekek sama orang yg mikirnya negatip muluuu.. Orang pak emil aja ngedoain biar cepet nikah..” tulis salah satu warganet.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Gandeng Menteri Susi Bangun Sea World Terkeren di Indonesia

“Ya ampun netizen..ini mah cuma buat seseruan aja..lgian sebelum cekrek cekrek foto pasti si dua sejoli ini udh tahu keles..atau bisa jd mereka berdua ikut jln jln ma pak ridwan nya..positive thinking lah..kalian jga sering kan seru”an gini,” tulis warganet lainnya.

Baca juga: Pengurus 3 Partai Pengusung Ridwan Kamil-Uu Alihkan Dukungan ke Deddy Mizwar

Dan ada juga yang menilai aksi ini mirip dengan sebuah kampanye yang beberapa waktu menjadi viral, yakni kampanye Cekrek, Lapor, Upload atau lebih dikenal dengan CELUP.

Baca Juga:  Layak Sandang Gelar 'Negarawan', Ahok Diberi Sepatu Seperti Punya Jokowi

“Inget gak waktu ada yang kampanye CELUP?? apa bedanya dengan ini??,” tulis seorang warganet.

Sebagaimana diketahui, pada Desember sebuah kampanye anti susila bernama CELUP membuat heboh dunia maya lantaran dianggap sebagai kampanye yang melanggar hak privasi seseorang.

Dalam brosur kampanye tersebut terdapat tulisan: “PERGOKIN YUK! BIAR KAPOK!”

Poster digital CELUP

Poster digital CELUP

Kampanye yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur. ini bertujuan memergoki pasangan yang ‘berduaan’ di ruang publik.

Banyak yang tak sepakat dengan kampanye ini dan menganggap hal ini bisa membuat orang melakukan penghakiman terhadap orang lain.