Kriminal

Ini Tanggapan Ananda Sukarlan Terkait Laporan Fadli Zon ke Bareskrim

Pianis Ananda Sukarlan.
Pianis Ananda Sukarlan.

Jurnalindonesia.co.id – Pianis Ananda Sukarlan angkat bicara terkait pelaporan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri terhadap dirinya atas tuduhan menyebarkan berita bohong alias hoax.

Sebelumnya, Ananda me-retweet foto tentang pertemuan antara Fadli Zon dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan pria yang disebut-sebut sebagai admin grup The Family Muslim Cyber Army atau The Family MCA.

Ananda mengatakan, tujuannya me-retweet foto tersebut tidak lain untuk memeriksa kebenarannya kepada publik. “Loh itu justru untuk me-cross-check kan. Nanya ke para tweehearts (pengikut Twitter) saya,” ujar Ananda kepada Tempo, Sabtu 3 Maret 2018.

Baca Juga:  Polisi: Kasus Ketua PA 212 Slamet Maarif Tak Bisa Dilanjutkan

“Yang 58 persen (suara dalam Pilkada DKI Jakarta yang dimenangkan Anies Baswedan tahun 2017, red) itu yang harusnya kenal beliau lebih baik,” kata Ananda.

Baca: Fadli Zon Laporkan Musisi Ananda Sukarlan ke Bareskrim atas Tuduhan Pencemaran Nama Baik

Sebelumnya, Fadli Zon telah membantah foto tersebut adalah fotonya dengan kelompok The Family MCA. Menurut Fadli, itu adalah foto makan siang dia bersama dengan Eko Hadi, seorang pendukung Anies-Sandi yang berjalan kaki dari Madiun ke Jakarta untuk memenuhi nazar jika jagoannya itu menang di Pemilihan Gubernur DKI.

Baca Juga:  Picu Polemik, Puri Singaraja Berencana Cabut Gelar Sri Paduka Raja Fadli Zon

Akibat foto tersebut, Fadli Zon melaporkan Ananda Sukarlan dan beberapa akun Twitter lainnya atas tuduhan menyebar hoax dan mencemarkan nama baik. Dalam laporan dengan nomor LP 301/111/2018 tertanggal 2 Maret 2018, Fadli Zon menyerahkan bukti screenshot unggahan di media sosial beserta linknya.

Baca: Fadli Zon Mengaku Tak Kenal Pria yang Foto Bareng di Mobil

Sementara Ananda Sukarlan pun kemudian memutuskan untuk meminta bantuan Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor (LBH GP Ansor).

Melalui pernyataan tertulis, aktivis LBH GP Ansor Dendy Zuhairil Finsa, mengatakan Jumat kemarin, Ananda sudah datang ke LBH Ansor untuk meminta pendampingan hukum karena dilaporkan Fadli Zon ke polisi. “Kami lihat dalam postingan yang diunggah Ananda Sukarlan tidak ada unsur melawan hukum, yang bisa menjerat yang bersangkutan ” kata Dendy, Sabtu, 3 Maret 2018.