Ekonomi dan Bisnis

Petinggi IMF Sanjung Jokowi, Fadli Zon: Hati-hati Pujian Beracun

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon

Jurnalindonesia.co.id – Presiden Joko Widodo mengajak Managing Director Dana Moneter Internasional atau International Monetery Funf (IMF), Christine Largede, blusukan ke pusat grosir Tanah Abang, Senin (26/2/2018).

Begitu tiba di Blok A, Jokowi dan Lagarde langsung mendapatkan sambutan dari pengunjung dan pedagang di pasar tersebut.

Turut mendampingi dalam kunjungan itu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo.

Selain itu, hadir juga Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Maksud Jokowi mengajak Lagarde ke kawasan grosir terbesar se-Asia Tenggara tersebut tidak lain adalah untuk menunjukkan geliat sektor usaha kecil dan menengah di Indonesia.

“Sian‎g hari ini saya datang ke Pasar Tanah Abang untuk menunjukkan kepada Ibu Madame Christine Lagarde bahwa sektor usaha kecil, sektor usaha menengah, usaha mikro itu banyak sekali di negara kita Indonesia,” kata Jokowi di Blok A Pasar Tanah Abang.

Presiden Jokowi bersama Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde berkunjung ke Pasar Tanah Abang, Jakarta pada Senin (26/2/2018). Ikut mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Liputan6.com/Septian Deny)

Sementara itu, Lagarde mengungkapkan kekagumannya pada geliat dan aktivitas perdagangan yang ada di pasar tersebut. Bahkan, menurut dia, aktivitas di pasar ini menjadi salah satu motor penggerak ekonomi Indonesia.

Baca Juga:  Harga Sawit Turun, Jokowi Minta Petani Tanam Jengkol dan Petai

“Saya kagum karena kekuatan industri tekstil, dan wanita yang bekerja di pasar ini, ini menunjukkan semangat dari ekonomi Indonesia,” jelas dia.

Setelah berkeliling, Lagarde menyempatkan diri belanja pakaian di salah satu toko Blok A.

“Beli baju biru, baju koko untuk suami, oleh-oleh suami,” ujar Jokowi.

Sekitar 30 menit Jokowi bersama Lagarde berada di dalam pasar tersebut dan melakukan interaksi ke sejumlah pedagang.

Sebelum menuju Pasar Tanah Abang, Jokowi terlebih dahulu mengajak Lagarde untuk melihat-lihat penerapan program Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Presiden Jokowi menerima delegasi IMF di Istana Merdeka, Jakarta pada pukul 10.00 WIB.

Selain Christine Lagarde, delegasi IMF yang hadir adalah Director Asia Pacific Department IMF Changyong Rhee, Director Communication Department IMF Gerard Thomas Rice, Secretary of the IMF Jianhai Lin, Senior Resident Representative for Indonesia, John G. Nelmes, dan Division Chief for Indonesia Asia Pacific Department IMF Luis E. Breuer.

Jokowi menerima delegasi IMF.

Jokowi menerima delegasi IMF di Istana Merdeka, Senin (26/2). (Foto: Merdeka.com)

Pada pertemuan tersebut, IMF menyatakan optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu naik secara bertahap hingga 5,6 persen dalam jangka menengah.

Baca Juga:  Sebut Yusril Pengkhianat, Novel: Kami Kecewa Janji Itu Diingkari DemiGerombolannya

Diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan IMF dan Wolrd Bank di Bali pada Oktober nanti.

Kunjungan delegasi ke Rumah Sakit Pusat Pertamina merupakan permintaan dari Christine untuk menyaksikan langsung sistem jaminan kesehatan di Indonesia.

Menurutnya, pelayanan BPJS Kesehatan di Indonesia sangat fantastis.

“Memiliki lebih dari 90 juta peserta yang mempunyai akses terhadap pelayanan kesehatan secara gratis merupakan pencapaian yang sangat fantastis,” kata Lagarde.

Sedangkan Tanah Abang dipilih sebab merupakan pasar grosir terbesar se Asia Tenggara dengan yang menampung lebih dari 19 ribu pedagang.

Dalam kesempatan tersebut, Christine memberikan pujian terhadap ekonomi Indonesia yang dianggapnya lebih baik, terutama dalam sektor perdagangan dan investasi.

Selain itu, Christine juga sangat terkesan dengan kondisi pusat grosir Tanah Abang.

“Saya sangat terkesan karena pasar ini merepresentasikan kekuatan dari perdagangan, industri tekstil, serta (pemberdayaan, red) perempuan.

Banyak sekali perempuan di pasar ini (Tanah Abang, red), yang merupakan bagian dari ekonomi Indonesia,” kata Lagarde, dikutip akun Twitter @setkabgoid.

Baca Juga:  Pastor Djonga: Harga BBM Turun Hanya Saat Jokowi Blusukan ke Papua

Sementara dalam kunjungannya ke RSPP itu, Christine mengucapkan selamat kepada Jokowi.

“Jadi saya ucapkan, bravo untuk anda Bapak Presiden. Dan juga untuk orang-orang yang bekerja di rumah sakit karena mereka sangat penting dalam menyediakan pelayanan kesehatan,”ucap Lagarde.

Menanggapi pujian-pujian yang dilontarkan IMF, Wakil Ketua DPR Fadli Zon megimbau pemerintah untuk berhati-hati.

Menurut Fadli Zon, IMF juga memberikan pujian kepada Indonesia pada 1997-1998.

“Hati2 pujian beracun. Waktu krisis 1997-1998 IMF jg puji2 fundamen ekonomi RI kuat. Tp setelah itu menyiram bensin ke tengah api,” kata Fadli lewat akun Twitter @fadlizon.

Sebelumnya, Fadli juga menyebut pemerintahan bermental Inlander lantaran menjamu besar-besaran IMF.

Menurutnya, IMF adalah institusi yang membuat ekonomi RI hancur pada 20 tahun silam.

“IMF adalah institusi yg bikin hancur ekonomi RI 20 th lalu. Kini pemerintah menjamu besar2an IMF dg biaya Rp 1 Trilyun. Mental Inlander?,” katanya.