Daerah, Jawa Timur, Kriminal

Giliran Rumah Ketua MUI Kota Madiun Disatroni “Orang Gila”

Pria diduga gila tertangkap tangan masuk ke rumah Ketua MUI Kota Madiun, Sutoyo, Selasa (20/2/2018) malam. (Foto: dokumentasi Banser)

Jurnalindonesia.co.id – Rumah Ketua Makelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun, H Dr Muhammad Sutoyo, di Jalan dr Sucipto No 16 Kota Madiun, didatangi seorang pria yang diduga mengalami gangguan jiwa dan memiliki riwayat sakit jiwa pada Rabu (21/2/2018) malam.

Pria yang mengaku warga Lamongan bernama David Saputro ini akhirnya ditangkap Banser Kota Madiun. Kini David diamankan di Mapolres Madiun Kota.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 23.30 WIB. Saat Sutoyo baru pulang dari dokter pukul 21.00 WIB. Dari dalam rumah, dia melihat dua pria mondar mandir di musala depan rumah dengan pakaian tak layak.

Karena khawatir akan mengalami kejadian seperti di Lamongan, Tuban dan daerah lainnya, Sutoyo menghubungi banser yang juga satu kompleks untuk mengawasi rumah dan musholanya.

“Sekitar pukul 21.00 WIB saya pulang berobat ke dokter seperti ada dua orang seliweran di sekitar depan mushola rumah saya dan kayak orang gila. Takut seperti peristiwa di Lamongan saya menghubungi banser dan intel polresta,” kata Sutoyo kepada wartawan di rumahnya Jalan dr Sucipto No 16 Kota Madiun, Rabu (21/2/2018).

Setelah mengobrol sekitar satu jam lebih, kata Sutoyo, anggota intel Polres Madiun Kota yang berada di rumahnya pulang. Sedangkan anggota Banser masih berada di rumahnya.

Pria diduga gila masuk ke rumah Ketua MUI Madiun.

Pria diduga gila masuk ke rumah Ketua MUI Madiun. (Foto: Dok Banser)

Menurut Sutoyo, pada waktu banser berjaga di mushalanya, tiba-tiba pria diduga gila tersebut turun dari lantai dua rumahnya yang tangganya menjadi satu dengan mushala.

“Saat banser berjaga, orang itu turun dari atas musala. Kemungkinan sebelumnya masuk tanpa saya ketahui lewat pagar, yang jarang saya kunci,” tutur Sutoyo.

“Ini orang gila atau pura-pura gila saya ndak tahu. Karena antisipasi saja saya hubungi banser dan intel polresta, untuk minta bantuan mengamankan orang tersebut,” kada dia.

Pria yang diduga gila itu ditangkap anggota Banser saat turun dari tangga lantai dua rumah Ketua MUI Kota Madiun tersebut.

“Mau dipukuli tetapi saya tidak bolehkan,” ucap Sutoyo.

Sutoyo menambahkan, selama tiga hari ini, ada dua orang tak dikenal dengan gerak-gerik mencurigakan mondar-mandir di depan rumahnya, di Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

“Ada dua, yang satu nampak bersih pakaiannya. Yang satu pakai pakaian kayak orang gila,” kata Sutoyo seraya meminta warga waspada.

Sampai saat ini, Sutoyo mengaku heran pria tak dikenal itu bisa masuk ke dalam rumahnya. Ia menduga, ada seseorang yang sengaja mengarahkan agar pria tersebut datang ke rumahnya.

Kendati demikian, ia menyerahkan penyelidikan kepada pihak kepolisian. Dia berharap polisi dapat mengungkap motif dan identitas dari pria tak dikenal tersebut.

Sutoyo mengaku tidak takut meski rumahnya disatroni pria tak dikenal. Ia mengaku sudah terbiasa mengalami teror semacam itu.

Sementara itu, menurut penjelasan Wakapolres Madiun Kota, Kompol Mujito, pria yang diamankan dari rumah Ketua MUI bernama David Saputra (35). Sesuai KTP, alamatnya di Jalan Kartini No 61, Desa Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, yang bersangkutan dari Ngawi. Orangtuanya dari Ngawi bernama Abdul Aziz dan ibunya bernama Watin,” tutur Mujito.

Mujito menuturkan, saat dilakukan pemeriksaan, David diduga mengalami gangguan jiwa. Untuk memastikan, polisi akan membawa David ke rumah sakit jiwa di Ngawi.

Berdasarkan keterangan keluarga, sambung Mujito, yang bersangkutan pernah dirawat di RSJ Menur, Surabaya. David juga memiliki kartu kuning yang membuktikan yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa.

Loading...