Kriminal

Faizal Assegaf: Habib Rizieq Akan Kembali ke Indonesia Jika Dijemput Anies

Anies Baswedan bertemu dengan Rizieq Shihab
Anies Baswedan bertemu dengan Rizieq Shihab di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (1/1/2017). (Foto: Dokumentasi Tim Anies Baswedan)

Jurnalindonesia.co.id – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab akan kembali ke Indonesia jika dijemput langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Mekkah, Arab Saudi.

Pernyataan itu disampaikan salah satu pendiri Presidium Alumni 212, Faizal Assegaff.

Menurut Faizal, permintaan itu adalah satu dari empat alasan Rizieq membatalkan diri pulang ke Tanah Air.

“HRS (Habib Rizieq Shihab) akan kembali ke Indonesia jika Gubernur DKI Anies Baswedan yang menjemputnya di Mekkah,” ujar Faizal kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/2).

Baca: Kapan Rizieq Pulang? Pendiri Presidium Alumni 212: Tanya ke Anies, Dia yang Paling Sering Berkomunikasi

Menurut Faizal, Anies memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Rizieq. Anies juga diharapkan bisa menjadi penjamin keamanan bagi Rizieq yang tersangkut kasus dugaan konten pornografi.

Selain itu, Faizal mengklaim bahwa alasan lain batalnya kepulangan ke Indonesia karena Rizieq telah menemukan jawaban dari istikharah yang dilakukannya. Rizieq dinilai terlalu banyak mudarat ketimbang manfaat ketika memilih pulang ke Indonesia saat-saat seperti ini.

“Atas petunjuk istikharah, HRS menemukan jawaban bahwa sangat mudarat bila terburu-buru kembali ke tanah air,” katanya.

Baca: Batal Pulang, Rizieq Sebut Ada Kelompok Pecundang yang Punya Rencana Jahat

Faizal Assegaf

Pendiri Presidium Alumni 212, Faizal Assegaf.

Faizal mengatakan, Rizieq memahami dirinya sedang ditunggangi sebagai alat politik oleh suatu kelompok untuk menciptakan kegaduhan. Ditambah lagi dengan adanya perpecahan yang terjadi di antara alumni 212.

“Selama elemen 212 tidak bersatu, maka HRS tidak akan mau pulang. Sebab HRS tidak ingin umat dibuat bingung serta terpecah belah oleh konflik kepentingan politik,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi pernyataan Faizal tersebut. Dia juga enggan mengomentari batalnya kepulangan Rizieq ke Indonesia.

“Tidak ada tanggapan. Biar CNN saja yang jawab,” ujar Anies sambil masuk ke dalam mobilnya saat dikonfirmasi awak media di Balai Kota, siang ini.

Sebagaimana diketahui, kedekatan Anies dengan Rizieq pernah ditunjukkan pada kampanye Pilgub DKI 2017 lalu. Ketika itu, Anies menghadiri acara yang diselenggarakan Rizieq. Rizieq pun secara terang-terangan mendukung Anies-Sandiaga Uno di Pilgub DKI.

Adapun Rizieq semula dijadwalkan akan kembali ke Indonesia hari ini (21/2) setelah menetap kurang lebih 10 bulan di Arab Saudi. Namun rencana itu dibatalkan.

Rizieq berjanji akan memberi kabar terkait kepulangannya setelah mendapat petunjuk melalui doa. Dia menyatakan, kabar kepulangannya akan disampaikan secara langsung melalui media sosial yang sering dia gunakan.

Baca juga: Lewat Telepon Rizieq Bicara Soal Penganiayaan Tokoh Agama hingga PK Ahok

Loading...