DKI Jakarta, Sport

Pendukung Anies-Sandi Dilantik Jadi Pengurus KONI DKI

koni dki
Pengukuhan pengurus KONI DKI periode 2017-2021, Selasa (20/2). (Foto: breakingnews.co.id)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik 36 pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi DKI tahun kepengurusan 2017-2021 di Balai Kota, Selasa (20/2/2018). Sejumlah nama yang masuk di dalamnya adalah pendukung Anies dan Sandiaga Uno saat Pilgub DKI 2017 lalu.

Awal Januari lalu, kepengurusan komite yang diketuai Laksamana pertama TNI (Purn) Djamhuron P Wibowo telah ditetapkan. Dalam kepengurusan tersebut ada 36 anggota.

Pemilihan pengurus KONI DKI ditentukan oleh Djamhuron sebagai ketua umum dan dua anggota formatur.

“Kami memilih 36 orang yang betul-betul sudah saya kenal dan oleh formatur dikenal, bahwa mereka mereka mampu berjuang berbuat terbaik untuk DKI,” ujar Djamhuron.

Djamhuron mengatakan, proses seleksi kepengurusan dilakukan oleh Ketua Umum bersama dua formatur. Dia menyebut, karena terbatas waktu, anggota pengurus KONI dipilih langsung oleh Ketua Umum dan timnya.

Dia berjanji, semua yang ditunjuk dalam kepengurusan akan bekerja maksimal memajukan olahraga di Jakarta, khususnya dalam menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang.

Dari beberapa nama yang menduduki jabatan di KONI DKI, mereka dulunya pernah menjadi tim sukses atau pendukung Anies-Sandi pada Pilgub DKI 2017 lalu. Misalnya, Alex Asmasoebrata. Alex menjabat sebagai Anggota Dewan Pembina KONI DKI. Pada saat Pilgub, Alex mendeklarasikan dukungannya untuk Anies-Sandi.

Selanjutnya ada nama Novita Dewi. Dia menjabat sebagai Bendahara Umum KONI DKI. Novita tercatat sebagai anggota timses Anies-Sandi saat pilgub.

Selain itu, ada nama Aldwin Rahadian sebagai Ketua Bidang Hukum KONI DKI. Aldwin adalah pengacara Buni Yani dalam kasus pelanggaran UU ITE.

Kemudian ada nama mantan narapidana kasus ujaran kebencian dan makar menjelang aksi 2 Desember 2016 lalu, Jamran. Dia menjabat sebagai Sekretaris Umum KONI DKI.

Di samping itu ada juga nama I Gde Sarjana. Dia tidak lain adalah suami dari cawagub DKI Sylviana Murni. I Gde Sarjana menjabat sebagai Wakil Ketua Umum KONI DKI.

Dalam pelantikan itu, Gubernur Anies berpesan, DKI menargetkan tidak hanya menjadi juara PON, tapi juga SEA Games dan Asian Games.

“Yang tidak kalah penting bagi warga Jakarta, perbanyak kontingen SEA Games, perbanyak kontingen Asian Games, berprestasi SEA Games, Asian Games. Jadi kalau levelnya PON, sudah seharusnya menang,” kata Anies.