Ekonomi dan Bisnis

10 Insiden Kecelakaan pada Proyek Infrastruktur, Ini Daftarnya

Konstruksi tiang beton Light Rail Transit (LRT) yang roboh di Kayu Putih, Jakarta Timur, Senin (22/1).
Konstruksi tiang beton Light Rail Transit (LRT) yang roboh di Kayu Putih, Jakarta Timur, Senin (22/1). (Foto: Liputan6.com/Arya Manggala)

Jurnalindonesia.co.id – Insiden yang terjadi di proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) pada Selasa (20/2/2018) dini hari, menambah daftar panjang kecelakaan kerja pada proyek-proyek konstruksi.

Peristiwa ambruknya bekisting pier head proyek tol Becakayu tersebut mengakibatkan 7 pekerja mengalami kritis — 6 korban dibawa ke Rumah Sakit UKI, dan 1 korban lainnya dibawa ke RS Polri.

Baca selengkapnya: Insiden Becakayu, Waskita: Bukan Tiang Pancang, Tapi Bekisting Pier Head

Berikut sejumlah kecelakaan kerja yang terjadi di berbagai proyek infrastruktur:

1. Robohnya crane pengangkut beton proyek DDT di Matraman, Jakarta

Crane pengangkut beton proyek Double Double Track (DDT) di Jalan Matraman Raya, Jatinegara, ambruk pada Minggu (4/2/2018) sekitar pukul 05.00 WIB pagi. Insiden tersebut menewaskan 4 orang pekerja, dan sejumlah pekerja lainnya luka-luka.

Korban tewas adalah Jainuddin (40) warga Karawang, Dami Prasetyo (25) warga Purworejo, Jana Sutisna (44) asal Bandung, dan Joni (35) yang belum diketahui pasti identitasnya.

Pada saat itu, lima orang pekerja sedang menaikkan bantalan rel dengan menggunakan crane. Saat bantalan rel sudah di atas, dudukannya ternyata tidak pas, sehingga bantalan rel jatuh menimpa korban.

Dua pekerja tewas di lokasi kejadian, yakni Jaenudin dan Dami Prasetyio. Sementara Jana Sutisna dan Joni masing-masing meninggal di Rumah Sakit Premier Jatinegara dan Rumah Sakit Hermina Jatinegara.

2. Beton girder proyek LRT Pulo Gadung, Jakarta Timur Roboh.

Konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT) di Jalan Kayu Raya, Pulo Gadung, Jakarta Timur, roboh pada Senin (22/1/2018) dini hari. 5 pekerja mengalami luka.

Baca Juga:  Fly Over Pancoran Dibuka, Anies-Sandi Dinilai Melanggar Hukum

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, girder beton LRT ambruk pada sekitar pukul 00.20 WIB. Lima korban luka akibat peristiwa tersebut, yakni Rois Julianto (27), Wahyudi (18), Abdul Mupit (30), Ahmad Kumaedi (22), dan Jamal. Kelima korban mengalami luka ringan akibat reruntuhan material lain.

3. Beton girder proyek Jalan Tol Depok-Antasari, Jakarta Selatan roboh

Beton girder proyek Jalan Tol Depok-Antasari, Jakarta Selatan ambruk pada Selasa (2/1/2018) sekitar pukul 10.00 WIB. Diduga lantaran tersenggol alat berat. Tidak ada korban dalam insiden ini.

4. Crane ambruk di KM 15 Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Insiden ini terjadi pada Kamis (16/11/2017), mengakibatkan kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek. Jasa Marga bekerja sama dengan dengan kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di KM14 hingga KM21 arah Cikampek.

5. Beton proyek Light Rail Transit (LRT) jatuh di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur

Beton proyek LRT di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, jatuh dan menimpa mobil. Insiden terjadi pada Rabu (15/11/2017).

Saksi mata mengatakan, saat kejadian alat berat yang digunakan tidak mampu mengangkat beton sehingga menyebabkan tali baja putus dan menimpa mobil.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun mobil rusak.

6. Pembatas beton proyek mass rapid transit (MRT) jatuh di Jalan Wijaya II, Jakarta Selatan

Peristiwa yang terjadi pada Jumat (3/11/ 2017) ini berawal ketika kontraktor hendak memasang Overhead Cetenary System (OCS) Parapet seberat 3 ton dengan crane truck. Namun, saat proses pemasangan, mendadak crane berkapasitas 10 ton tersebut tidak beroperasi dengan stabil, hingga akhirnya OCS parapet jatuh.

Baca Juga:  Syahrini: Saya Bayar Pajak bukan Ratusan Juta, tapi Miliaran Rupiah

Beruntung, sebelum jatuh ke jalan, OCS parapet sempat tertahan crane.

OCS parapet menimpa kendaraan bermotor roda dua yang sedang melaju. Pengendara sepeda motor mengalami luka ringan dan segera dilarikan ke RS Pertamina.

7. Konstruksi tol Pasuruan-Probolinggo di Desa Curukgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, roboh.

Pembangunan konstruksi jembatan di Stasiun 4 Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, di tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) memakan korban. Insiden yang terjadi pada Minggu (29/10/2017) sekitar pukul 09.45 WIB pagi itu mengakibatkan satu pekerja tewas dan dua lainnya luka serius.

Robohnya girder ini juga menghantam dua unit sepeda motor milik pekerja. Reruntuhan konstruksi juga menghancurkan satu unit mobil pikap dan satu unit truk tronton milik perusahaan konstruksi.

8. Tiang proyek konstruksi Light Rail Transit (LRT) menimpa rumah warga.

Tiang proyek LRT menimpa dua rumah warga di Jalan Kelapa Nias Raya, Blok PA 3, No 02, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bagian konstruksi itu merupakan penyambung untuk infrastruktur LRT koridor Kelapa Gading.

Insiden itu terjadi Selasa (17/10/2017) sekitar pukul 01.50 WIB, tepatnya samping Masjid Al Musyawaroh, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tiga warga luka akibat kejadian ini.

Baca Juga:  Kejanggalan pada Kasus Kecelakaan Bus Efisiensi Pengangkut Demo 4 November dari Solo

9. Jembatan overpass Tol Bocimi di Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, ambruk.

Insiden ini terjadi pada Jumat (22/9/2017) lampau. Seorang pekerja proyek tewas tertimpa runtuhan cor beton badan jembatan. Dua pekerja lainnya luka-luka.

Peristiwa terjadi di lokasi proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), persisnya di Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

10. Dua pekerja proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan, tewas terjatuh dari tiang penyangga proyek.

Dua pekerja proyel LRT tewas seketika usai terjatuh dari tiang penyangga LRT yang menjadi pijakannya dalam bekerja. Kecelakaan kerja ini terjadi pada Jumat 4 Agustus 2017 di zona Jalan Demang Lebar Daun Kecamatan IT I Palembang.

Berdasarkan informasi, dua pekerja asal Cirebon, Jawa Barat itu sedang bekerja menyambut dinding parapet dari bawah dengan menggunakan derek. Namun saat mereka memegang dinding parapet, tiba-tiba dinding parapet dimaksud jatuh dan mereka juga ikut jatuh.

Kontruksi LRT Palembang ini dikerjakan sejak akhir 2016 untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII/2018.