DKI Jakarta, Nasional

Anies: Tahun Anjing tanah, Mudah-mudahan Air Bisa Menjadi Berkah

Gunernur Anies Baswedan di Wihara Dharma Bakti.
Gunernur Anies Baswedan di Wihara Dharma Bakti, Jumat (16/2/2018). (Tribunnews.com/Yanuar Nurcholis Majid)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan – Sandiaga Uno mengunjung Wihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Jumat (16/2/2018).

Sandiaga Uno datang lebih dulu, yakni sekitar pukul 10.00 WIB. Kurang lebih setengah jam kemudian, Anies tiba di kompleks wihara tersebut.

“Gong ci fa choi. Xin nian kuai le. Wan shi ru yi,” kata Sandiaga.

Anies-Sandi di Wihara Dharma Bakti

Anies-Sandi di Wihara Dharma Bakti, Jumat (16/2/2018). (Foto: CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

Saat melewati pelataran wihara, Anies dan Sandi sama-sama bersalaman dengan para tunawisma pemburu angpau. Selama kunjungan, keduanya didampingi pengurus Wihara Dharma Bhakti, Bambang dan Edi.

“Selamat Tahun Baru Imlek 2569, gong xi fa chai, semoga penuh keberkahan, rezeki lancar, dan kebahagiaan untuk kita semua,” kata Anies.

Baca Juga:  Amien Rais Puji Anies Sebagai Gubernur Gagah Berani

Anies berharap Tahun Baru Imlek 2018 menjadi tahun penuh keberkahan, memperluas rezeki bagi semua warga. Dia juga berharap Imlek mengantarkan kebahagiaan bagi semua.

“Tahun ini adalah tahun anjing tanah, mudah-mudahan air bisa menjadi berkah bagi semuanya, memberikan manfaat bagi kehidupan,” ucap Anies.

Anies yang datang bersama putranya, Ismail Baswedan, menceritakan bahwa tiap tahun dia rutin datang ke Wihara Dharma Bhakti mengajak anak-anaknya.

Bagi Anies, mengajak buah hatinya ke wihara ini adalah sebuah pengalaman kebudayaan.

“Saya ke sini rutin tiap Imlek tiap tahunnya. Datang dan selalu bawa anak-anak supaya anak-anak paham akan kebudayaan,” ujar Anies.

Anies ajak putranya ke Wihara Petak Sembilan.

Anies ajak putranya ke Wihara Petak Sembilan, didampingi pengurus Wihara Dharma Bhakti, Bambang dan Edi. (Foto: Zhacky/detikcom)

Satu-satunya ruang ibadah yang dimasuki Anies dan Sandi adalah ruangan patung Buddha. Di ruangan tersebut, tampak masyarakat Tionghoa sedang melakukan peribadatan di depan tiga patung Buddha.

Baca Juga:  "Groundbreaking" Rumah DP Rp 0, Sandiaga: Awalnya Banyak yang Skeptis

Selain itu, semua ruangan peribadatan sampai ke pelataran, dipadati oleh masyarakat Tionghoa yang sedang beribadah.

Anies mengungkapkan rasa syukurnya umat Buddha bisa tenang dan lancar beribadah di wihara ini. Anies pun ingat pernah mengunjungi wihara Petak Sembilan ini saat terbakar pada 2015 lalu.

“Ini salah satu tempat bersejarah,” kata Anies.

Baca Juga:  Setelah Foto Perempuan Berhijab, Kini Beredar Video Warga dan Pelajar Gotong Royong Bersihkan Gereja St Lidwina

Dia dan rombongan berkeliling wihara sekitar 15 menit. Setelah itu Anies ke luar kompleks wihara dan menuju pertokoan pasar Petak Sembilan.

Anies ajak putranya ke Wihara Petak Sembilan.

Anies ajak putranya ke Wihara Petak Sembilan. (Foto: Zhacky/detikcom)

Sebelum meninggalkan lokasi, Anies mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek untuk warga Indonesia, khususnya Jakarta, yang merayakan.

“Bagi masyarakat Tionghoa di Indonesia, sekali lagi selamat Tahun Baru Imlek. Semoga kebahagiaan menemani perjalanan di tahun baru ini,” ujarnya.

Sementara di luar, pasar Petak Sembilan yang biasanya ramai dengan pengunjung dan aktivitas jual beli, hari ini tampak sepi, hanya beberapa toko saja yang masih buka.