Kriminal

Foto Tiket Kepulangan Rizieq Shihab Cuma Isapan Jempol, Ini Buktinya

Eggi Sudjana bertemu Rizieq Shihab di Arafah
Eggi Sudjana bertemu Rizieq Shihab di Arafah (Dok. Istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Foto e-ticket kepulangan Muhammad Rizieq Shihab yang sempat viral di dunia maya ternyata hanya isapan jempol belaka.

Dalam tiket bertanggal 21 Februari 2018, tercantum nama Muhammad Rizieq Syihab, akan tiba di Tanah Air pada pukul 09.00 WIB menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada 20 Februari 2018.

(Baca: Beredar Foto Tiket Kepulangan Rizieq Shihab Tanggal 21 Februari Pukul 09.00)

Namun, Ketua Panitia Penyambutan Rizieq Shihab, Eggi Sudjana sendiri menegaskan jika foto e-ticket tersebut adalah hoax.

“Foto itu hoax. Saya pastikan foto e-ticket itu tidak benar,” kata Eggi kepada Liputan6.com, Jumat (16/2/2018).

Menurut Eggi, belum ada kepastian terkait kepulangan pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) itu. Saat ini, kata Eggi, Rizieq masih istikharah.

“Beliau masih harus istikharah dulu, saya lihat beredarnya foto ini banyak yang berkepentingan di situasi yang keruh seperti ini,” kata dia.

“Jadi pesan saya, hoax ini jangan sampai mengadu domba umat Islam,” kata Eggy.

Tiket Pesawat Kepulangan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia.

Tiket Pesawat Kepulangan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia. (foto: Istimewa)

Meski demikian, Eggi mengaku ingin agar Rizieq segera kembali ke Jakarta.

“Kita ingin beliau cepat kembali, ini kan umat menginginkan beliau kembali, tapi kita beri kebebasan kepada Habib,” ucap dia.

Baca Juga:  Menolak Aset Disita Negara, Bos First Travel Berdalih Itu Milik Jemaah

Dia memastikan akan kembali mempertanyakan hasil istikharah Rizieq pada pekan depan.

“Saya baru tanya lagi dengan Beliau tadi, tapi belum dijawab. Saya kasih batas waktu Senin pekan depan dan akan saya sampaikan kepada umat apa yang Beliau putuskan,” tutur Eggi .

Salah satu pertimbangan penundaan kepulangan Rizieq adalah faktor keamanan. Sebab, kata Eggi, saat ini belum ada kepastian dari aparat kepolisian bahwa kasusnya akan dihentikan.

Menurut Eggy jika tidak diberikan SP3, bisa terjadi konflik horizontal.

“Bisa terjadi bunuh-bunuhan. Ini yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, sudi kirannya Jokowi untuk menerima Habib Rizieq, SP3-kan, selesai ini urusan. Bangun kedepan kegiatan yang baik,” kata dia.

Oleh karena itu, Eggy pun berharap agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk tidak menangkap Rizieq saat tiba di Tanah Air.

Eggi meminta agar pemerintah menyambut baik kedatangan Rizieq dengan mendiponeringkan alias pengesampingan perkara demi kepentingan umum seperti yang diberikan Kejaksaan Agung kepada Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Bibit Samad dan Chandra Hamzah.

(Baca: FPI: Habib Rizieq Pulang Jika Ada Jaminan Bebas dari Polri)

Baca Juga:  Kabar Kamerawan Kompas TV jadi Provokator adalah Hoax, Ini Penjelasan Din Syamsuddin

Sebelumnya beredar viral di media sosial foto tiket atas nama Muhammad Rizieq Syihab. Dikabarkan, pimpinan tertinggi Front Pembela Islam (FPI) itu akan pulang ke Tanah Air pada 21 Februari mendatang menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines.

Di Twitter, salah seorang netizen mencoba menyelidiki kebenaran dari e-ticket tersebut. Menurut dia, tiket tersebut bohong belaka.

Netizen dengan akun bernama Prof. Yusuf L. Henuk, @ProfYLH, mengaku telah mengecek nomor penerbangan yang tertera di tiket tersebut, dan ternyata hasilnya nihil.

Dalam foto e-ticket yang beredar, nomor penerbangan yang tertera adalah SV-816. Namun setelah dicek, penerbangan tanggal 20 Februari 2018 yang ada adalah SV-814. Yusuf bahkan mengaku sudah menelepon langsung pihak maskapai Saudi Arabian Airlines terkait penerbangan tanggal tersebut.

Berikut cuitannya:

Jadi, siapakah yang menyebarkan isu hoaks ini?

Baca Juga:  Soal Mobil Jaguar dan Hummer Berpelat Nomor FPI, Ini Penjelasan Polisi

Sebelumnya, Sekjen DPP FPI Novel Bamukmin justru membenarkan foto e-ticket tersebut.

“Iya benar,” ujar Novel kepada detikcom, Jumat (16/2/2018).

Bahkan Novel menyatakan, Alumni 212 sudah membentuk panitia penyambutan kepulangan Rizieq, yang diketuai Eggi Sudjana.

Insyaallah Alumni 212 akan putihkan Jakarta, bandara khususnya,” kata dia.

Novel menambahkan, dalam penyambutan tersebut pihaknya merencanakan salat subuh berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Dia juga mempersilakan jemaah melaksanakan salat subuh di sekitar Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

“Kita akan rencanakan salat subuh berjamaah di Istiqlal. Untuk yang mau subuh berjamaah di masjid di sekitar bandara juga dipersilakan,” ujarnya.

(Baca juga: Spanduk Seruan Jemput Rizieq Shihab di Bandara Soetta Sudah Mulai Tampak)