DKI Jakarta, Nasional

Dengan Naturalisasi, Air Sungai di Jakarta Nantinya Bisa untuk Diminum

sungai di Jakarta.
Foto ilustrasi: sungai di Jakarta. (Istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan menegaskan akan membantu mewujudkan cita-cita Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menaturalisasi sungai di Ibu Kota. Pihaknya akan membantu menerapkan sistem pengolahan limbah supaya air sungai menjadi bening kembali dan bahkan bisa dikonsumsi masyarakat.

“Yang tadinya air di Jakarta kan hitam, pekat, nah itu nanti katakanlah dinaturalisasi menjadi lebih bening. Bahkan, nanti ke depan dengan teknologi itu nanti bisa buat minum, air bersih,” kata Teguh di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).

Baca Juga:  Anies Bilang Pendidikan Indonesia Tidak Kalah dengan Singapura?

Untuk saat ini, kata Teguh, pihaknya masih menunggu penjelasan dari konsep naturalisasi yang diwacanakan Gubernur Anies. Program tersebut, menurut Teguh, akan jalan bersamaan dengan normalisasi kali yang dilakukan Pemprov DKI.

Dia mengaku telah menjalankan program pengolahan limbah di Kali Besar, Kota Tua, Jakarta Barat. Sehingga, rencana berikutnya adalah Kali Ciliwung dan Kali Pesanggrahan yang ada di kawasan Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

“Contoh yang memang berjalan tuh di Kali Besar yang sedang dalam progres. Jadi, normalisasi kemudian naturalisasi, bagaimana sampai kali-kali kita itu bersih, bening,” jelasnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Ketika disinggung mengenai target, ia tak bisa menjelaskan secara gamblang. Namun, kata dia, setiap pengerjaan yang dilakukan pihaknya akan selalu dievaluasi dan dinilai kekurangannya berada di sektor apa.

Baca Juga:  UAS Mengaku Batalkan Ceramahnya di Jawa karena Panitia "Diganggu" Aparat

“Ya target harus tetap berjalan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kita kejar terus. Kita bisa evaluasi nanti di semester pertama,” ucapnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengungkapkan salah satu solusi untuk mengatasi banjir yang masih kerap melanda Jakarta sampai saat ini. Salah satunya, menurut Anies, adalah dengan naturalisasi sungai.

“Ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan,” kata Anies di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Rabu, 7 Desember 2018.