DKI Jakarta, Nasional

Transjakarta Hentikan Layanan ‘Tanah Abang Explorer’

Tanah Abang Explorer
Tanah Abang Explorer (Foto: istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menghentikan sementara pelayanan bus gratis Tanah Abang Explorer. Kebijakan tersebut buntut dari aksi demonstrasi yang dilakukan oleh sejumlah sopir angkutan kota (angkot) trayek Tanah Abang pada Senin, (29/01/2018) kemarin.

Baca: Sopir Angkot Tanah Abang Kembali Demo, Blokir Jalan Jatibaru

Penghentian operasional bus gratis yang berkeliling di Tanah Abang itu berlaku pada 30 Januari 2018 hingga waktu yang belum ditentukan.

Pada saat aksi demonstrasi sejumlah sopir angkot Senin, 29 Januari 2018, kemarin, bus Tanah Abang Explorer yang telah beroperasi sejak 22 Desember 2017 lalu itu sudah tidak bisa beroperasi lantaran jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, diblokir sopir angkot.

“Pengoperasian kembali bus Tanah Abang Explorer menunggu situasi kondusif,” ujar Direktur Utama Transjakarta, Budi Kaliwono, di Jakarta.

Baca: Soal Demo Angkot Tanah Abang, Anies Minta Semua Pihak Sabar

Budi mengaku, penghentian operasional bus Tanah Abang Explorer juga sudah melalui rekomendasi dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Budi pun meminta maaf kepada masyarakat atas penghentian sementara operasional bus Tanah Abang Explorer ini.

“Bus akan kembali melayani publik setelah situasi kondusif,” katanya.

Sejak periode 22 Desember 2017 hingga 28 Januari 2018, tercatat penumpang Tanah Abang Explorer mencapai 460.408 dari 15 bus yang beroperasi setiap harinya.

Rata-rata penumpang bus Tanah Abang Explorer per harinya mencapai 12-13 ribu dengan jam operasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Baca juga: Penutupan Jalan Tanah Abang untuk PKL Langgar UU