Daerah, Jawa Barat, Kriminal

Polisi Ungkap Pelaku Penganiaya Pengasuh Ponpes Al Hidayah KH Umar Basri

Pimpinan Ponpes Al Hidayah Cicalengka KH Umar Basri dianiaya pria tak dikenal. (Foto: istimewa)

JurnalIndonesia.co.id – Satuan Reserse Kriminal (Satreskim) Polres Bandung bekerja sama dengan Ditreskrimum Polda Jabar berhasil membekuk terduga pelaku penganiaya pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah, Cicalengka, Bandung, KH Umar Basri.

Sebagaimana dituturkan Dirreskrimum Polda Jawa Barat Kombes Pol Umar Surya Fana.

Kendati demikian, Umar belum menjelaskan secara detail identitas pelaku.

“Sudah (ditangkap). Namanya saya belum konfirm yah, tapi sudah dapat orangnya,” kata Umar kepada Jawa Pos, Minggu (28/1/2018) malam.

Pelaku pun sudah mengakui perbuatannya di hadapan penyidik. Selain itu, didukung pula dengan luka memar yang ada di tangan pelaku.

“Kita juga sedang visum tangan yang bekas mukul, karena dia ngaku habis mukulin orang,” ucap Umar.

Menurut Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto, pelaku berhasil ditangkap beberapa jam usai aksi penganiayaan tersebut. Pelaku ditangkap tak jauh dari lokasi kejadian penganiayaan.

“Hanya hitungan jam kita berhasil menangkap pelaku. Penangkapannya di Musala Al Mufathalah Cicalengka, jaraknya sekitar dua kilometer dari Ponpes Al Hidayah,” kata Agung saat jumpa pers di Mapolresta Cirebon, Minggu (28/1/2018) malam.

Sebelum menangkap pelaku yang berinisial A itu, polisi memeriksa enam saksi yang ikut salat subuh berjamaah bersama KH Umar Basri di Masjid Al Hidayah.

Salah satu saksi berinisial T, kata Agung, mengaku melihat ciri-ciri fisik pelaku.

“T orang terakhir yang keluar masjid usai salat. Memang korban ini memiliki kebiasaan usai salat wirid dengan lampu masjid dimatikan. Pelaku itu kata salah seorang santri datang usai salat,” ucap Agung.

Pelaku berinisial A itu adalah warga asal Garut, Jawa Barat.

“Pelaku yang berhasil diamankan berinisial A, 50 tahun, pria asal Garut, Jawa Barat,” jelasnya.

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto (pegang mik) dalam rilis penganiayaan Ponpes Al Hidayah KH Umar Basri di Mapolres Ciko, Minggu (28/1). (Foto: Cecep/radarcirebon.com)

Sebagaimana diketahui, KH Umar Basri atau Ceng Emon Sentiong dianiaya oleh salah seorang pria tidak dikenal pada Sabtu (27/1) kemarin.

Kejadian berawal ketika ulama Jawa Barat itu sedang melakukan zikir seusai salat Subuh di Masjid Al Hidayah, Kampung Margahayu RT 03 RW 09, Desa Cicalengka Kulon, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tak lama setelah lampu masjid Al Hidayah dimatikan oleh santri pondok, pelaku kemudian melancarkan aksinya secara membabi buta terhadap KH Umar Basri.

Akibat kejadian ini, ulama kharismatik berusia 60 tahun pimpinan ponpes Al Hidayah tersebut tidak hanya mengalami luka lebam, tapi juga berdarah-darah di bagian muka dan harus mendapat perawatan di Rumah Sakit Islam, Bandung.

Loading...