DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Sandi Sebut Ada Upaya Mobilisasi Tukang Becak ke DKI agar Jakarta Tak Stabil

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.
Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.

Jurnalindonesia.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku mendapat laporan ada upaya mendatangkan becak-becak dari daerah ke Ibu Kota.

Hal itu terkait kebijakan Pemprov DKI yang akan melegalkan pengoperasian becak di sejumlah wilayah di Jakarta.

“Sudah ada beberapa laporan dan ini mobilisasi. Enggak mungkin tukang becak yang dari daerah itu bisa kayuh sendiri ke sini,” kata Sandiaga di RPTRA Taman Sawo, Jalan Damai, Cipete Utara, Minggu (28/1/2018).

Sandiaga mengatakan, mereka dibawa dengan menggunakan beberapa truk. Laporannya mereka datang dari daerah Indramayu.

Sandiaga masih menyelidiki siapa yang memobilisasi kedatangan becak-becak dari luar Jakarta tersebut.

“Ini lagi dipastikan (siapa yang mobilisasi). Kita nggak mau gaduh lah. Ada mereka pakai beberapa truk. Tapi menurut saya jangan dibesar-besarkan. Kan ini kalau politik di belakang ini adalah buih-buihnya. Yang penting untuk daerah ke depan, ada beberapa laporan dari Pantura, Indramayu,” ucapnya.

Baca juga: Becak di DKI, Sutiyoso: Kalau Sudah Terlanjur Banyak Akan Sulit Mengatasinya

Sandi pun akan tegas memulangkan para penarik becak yang datang dari luar Jakarta. Dia juga mengingatkan pihak yang mencoba memobilisasi datangnya becak bahwa Pemprov DKI tidak akan memberi celah masuknya becak dari luar ke wilayah DKI.

“Tapi kita di sini tegas aja bahwa kita sebagai pemangku kebijakan di sini, kita pastikan mereka akan tegas dipulangkan dan kita akan sampaikan pesan kepada yang mobilisasi, Jakarta tidak akan diam lengah terhadap kegiatan destabilisasi terhadap wilayah Ibu Kota,” kata Sandi.

Sandiaga menjelaskan, kebijakan ini hanya untuk penarik becak yang sudah ada di Jakarta selama puluhan tahun. Selama ini, meski sudah dilarang, becak tetap beroperasi di daerah-daerah permukiman, terutama di Jakarta Utara. Mereka lah yang menjadi sasaran kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

“Ini masalah keberpihakan. Kami mau berpihak sama masyarakat yang selama ini belum merasakan kue pertumbuhan ekonomi,” kata Sandi.

Pemprov DKI juga berencana akan memberi mereka kesempatan untuk naik kelas dengan pelatihan. Dia ingin penarik becak berdaya dengan mengikuti program OK OCE dan jadi pengusaha.

“Teman-teman OK OCE akan merumuskan pelatihannya,” kata dia.

Baca: Simak Nih Penuturan Mereka yang Berhasil Raup Puluhan Juta per Bulan Setelah Ikut Program OK OCE

Bahkan, Sandi memunculkan wacana untuk mengganti becak dengan sepeda listrik. Itu sebabnya penarik becak saat ini akan dilatih mengayuh atau menggowes. Soalnya, kata Sandi, teknik menggowes sepeda listrik berbeda dengan becak biasanya.

“Pada suatu saat dia sudah tidak perlu menarik becak dan untuk masyarakat yang masih menggunakan layanan (becak), bisa ditingkatkan karena ke depan kami akan lihat angkutan ramah lingkungan di perumahan,” ujar Sandiaga.

Meski demikian, Sandiaga tidak melarang arus urbanisasi. Tidak boleh ada larangan bagi warga daerah yang mengadu nasib di Ibu Kota. Namun, mereka harus memiliki keahlian dan kepastian tempat tinggal.

“Untuk yang datang, kami harus pastikan mereka punya skill sesuai dengan sekarang yaitu new ekonomi, ekonomi baru, digital. Itu yang akan kami kembangkan,” kata Sandiaga.

“Harus punya tempat tinggal. Mereka ke sini harus jelas, mereka punya lapangan kerja, potensi,” ucapnya.

Sebelumnya, hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Lulung Lunggana (Lulung). Dia mengklaim ada sekelompok orang yang berupaya mendatangkan becak dari luar daerah ke Ibu Kota.

“Hari ini saya lihat ada kelompok orang-orang yang mengupayakan urban becak ke daerah,” kata Lulung setelah hadir di acara pelantikan IKA UBK, di Universitas Bung Karno, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1/2018).

“Jadi ada kelompok bawa becak satu truk yang sekarang ditangkapi, nanti coba konfirmasi. Maka dari itu, saya pikir jangan dimobilisasi secara politik,” ujar dia.

Baca selengkapnya: Lulung Curiga Ada Kelompok yang Upayakan Urbanisasi Becak

Loading...