Pria, Urban

Ada Nama ‘Dilan’ di Maskot PKS, Mardani: Sudah Lama Dibuat

Maskot 'Sahabat PKS'
Maskot 'Sahabat PKS'

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperkenalkan 5 maskot yang disebut sebagai ‘sahabat muda’. Salah satunya adalah Dilan.

Nama Dilan memiliki kesamaan dengan tokoh novel karangan Pidi Baiq yang yang kini difilmkan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan 5 maskot PKS itu sudah dibuat beberapa tahun lalu.

“Sudah lama dibuat, sekitar 3 tahun. Tapi memang selaras dengan yang di novel dan film,” ucap Mardani, Jumat (26/1/2018).

“Koinsiden (kebetulan) saja karena hatinya sama,” imbuhnya.

Nama-nama maskot itu dipilih untuk mewakili generasi muda.

“Jadi inspirasi (Dilan) rata-rata anak-anak kita. Kita kan beberapa itu anaknya udah ABG ya, dan nggak mau ngikutin Abi-Umi. ‘Nggak ah nggak mau kayak Abi-Umi yang ngaji terus, aku mau soleh tapi nggak kayak Abi-Umi’,” ucap Anggota DPR yang duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II itu.

Menurut dia, PKS telah melakukan survei terlebih dahulu sebelum maskot ‘sahabat muda’ itu diluncurkan.

“Kan ini hasil survei, nggak ujug-ujug, internal. Internal tentu kita mesurvei tentang karakteristik generasi milenial, mereka tuh cuek gitu loh, nggak suka diajarin, gitu loh, tapi kalau ada menggelitik pengin tahu terus mereka pengin cair, tidak ada sekat-sekat,” tutur dia.

Baca juga: Dilan Jadi Maskot PKS, Ini Tanggapan Pidi Baiq Selaku Penulis Novel

Lima maskot PKS tersebut diperkenalkan lewat akun Twitter resmi mereka. Yang unik, nama maskot ini adalah penggalan dari ‘Partai Keadilan Sejahtera’, yaitu Kea, Adi, Dilan, Eja, dan Tera.

Maskot ‘Sahabat Muda’ PKS. (Foto: Twitter PKS)

Dilan dideskripsikan sebagai cowok yang rajin, suka menolong, pemberi solusi, punya leadership, dan kadang moody. Dilan adalah anak kos yang berasal dari Sumatera, tapi suku Jawa.

“Jangan makan banyak. Nanti kamu berat. Biar aku saja.” – Dilan, salah satu karakter maskot PKS.

Ada juga Adi, anak muda yang gaul sporty, humoris, asyik diajak berteman, dan mudah galau. Adi disebut baru mendalami Islam sejak dekat dengan Dilan.

Selain dua cowok itu, ada pula 3 cewek yang jadi maskot. Mereka adalah Kea, Tera, dan Eja.

Kea adalah mojang Sunda berjilbab lebar, memiliki sifat perhatian, penyayang, suka menolong, suka menasehati, pecinta buku tapi mudah ngambek.

Sedangkan Tera disebut sebagai cewek manja, galak, lucu, gaul, anak orang kaya, selalu update soal gadget, dan dijuluki miss socmed.

Yang terakhir, ada Eja. Eja adalah gadis berjilbab yang pintar, kutu buku, namun tidak terlalu sering update media sosial. Seperti Tera, Eja juga dekat dengan Kea yang mengantarnya semakin dekat mendalami Islam.

Maskot 'Sahabat PKS'.

Maskot ‘Sahabat PKS’. (Foto: Twitter PKS)

Loading...