Kriminal

FPI: Habib Rizieq Pulang Jika Ada Jaminan Bebas dari Polri

Novel Chaidir Hasan Bamukmin
Sekjen DPD FPI Jakarta Novel Chaidir Hasan Bamukmin

Tokoh ormas Front Pembela Islam (FPI), Novel Bamukmin, menanggapi kabar rencana kepulangan Muhammad Rizieq Shihab. Ketua Umum FPI itu disebut-sebut akan tiba di tanah air pada Rabu (21/2) mendatang.

Kendati demikian, Novel mengatakan, Rizieq akan pulang jika sudah ada jaminan SP3 dari Polri.

Insya Allah beliau akan pulang secepatnya apabila kondisi hukum di indonesia sudah benar. Sehingga permasalahan rekayasa jerat hukum bisa dilepaskan atau SP3,” kata Novel kepada Tempo, Sabtu (27/1).

Dan jika belum ada jaminan SP3, Novel memastikan kepulangan Rizieq Shihab akan dibatalkan.

“Kalau belum ada SP3 atau jaminan bebas dari Polri kemungkinan Habib Rizieq akan menunda sampai waktu yang tepat,” imbuhnya.

Baca: Alumni 212: Demi Kedamaian Bangsa dan Negara, Biarkan Habib Rizieq Pulang dengan Aman

Novel menambahkan, kedatangan Rizieq Shihab akan disambut dengan parade oleh Alumni 212.

Terkait alasan memilih tanggal 21 Februari sebagai hari kepulangan Rizieq, Novel mengatakan, hal itu bertepatan dengan satu tahun aksi 21 Februari 2017 di DPR.

Sebelumnya, kuasa hukum Rizieq Shihab, Eggi Sudjana, menyatakan bahwa persaudaraan Alumni 212 akan menyambut kepulangan pimpinan tertinggi FPI itu dari Saudi ke Tanah Air. Eggi meminta tak ada penangkapan saat pemulangan Rizieq Shihab. Dan pihaknya tak akan bertanggung jawab jika terjadi kerusuhan lantaran harapan tersebut tak terimplementasikan nanti.

“Jika kepulangannya dihalangi, dipastikan ada konsekuensinya. Ini bukan dari kita, tapi situasi yang dikondisikan karena kita menghendakinya pulang baik-baik,” tutur Eggy Sudjana.

Baca: Alumni 212: 5 Juta Orang Lebih Akan Sambut Kedatangan Habib Rizieq